Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Heboh, Goa Safawardi Pamijahan Diklaim Jadi Jalan Menuju ke Mekah 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - May - 2024, 17:13

Placeholder
Lorong di dalam Goa Safawardi Pamijahan di Tasikmalaya yang diklaim menjadi jalan menuju ke Mekah. (Foto: TikTok Buya Helmi)

JATIMTIMES - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video yang menarasikan bahwa Goa Safawardi Pamijahan di Tasikmalaya menjadi jalan menuju ke Mekah. Video tersebut diunggah oleh konten kreator Buya Helmi melalui TikTok dan YouTubenya. 

Dalam video yang dibagikan tampak Buya Helmi tengah berada di dalam Goa Safawardi Pamijahan bersama beberapa orang. Ditunjukkan juga sebuah lorong yang ditutup dengan besi, di mana lorong itu diklaim sebagai jalan Sunan Ampel menuju Surabaya. 

Baca Juga : Menikmati Kecantikan Kepingan Surga di Air Terjun Kapas Biru Pronojiwo Lumajang

"Dalam goa tersebut terdapat suatu lorong dimana Sunan Ampel akan pergi ke Surabaya. Sedangkan lorong tersebut terhimpit dan terlapis dengan dinding-dinding batu yang sangat tebal," ujarnya.

"Tapi dengan izin Allah swt, walaupun berdinding dengan batu yang sangat tebal, tidak tembus dengan cahaya sinar matahari, tapi sang wali Sunan Ampel dapat masuk ke dalam lorong tersebut dan menembus ke Surabaya," tambah Buya Helmi. 

Tak hanya Sunan Ampel, Buya Helmi juga mengatakan jika lorong yang berada di Goa Safawardi Pamijahan di Tasikmalaya itu juga menjadi jalan Wali Allah saat hendak ke Mekah. 

"Dan begitu pula apabila Wali Allah ingin ke kota suci Mekah ada suatu lorong yang menuju ke sana," katanya. 

"Ada juga lorong yang menuju ke Cirebon yang digunakan oleh Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati," imbuhnya. 

Selain lorong yang disebut dijadikan jalan menuju Mekah dan kota-kota lainnya, Buya Helmi juga mengatakan di goa itu terdapat sumber air yang biasa dijadikan tempat mandi hingga wudhu para Wali Allah.   

"Setelah salat berjamaah apabila dia mau masuk kedalam mau menuju ke Mekah, biasanya melewati lorong itu. Dengan izin Allah swt yang maha segalanya, apapun bisa terjadi," ungkapnya. 

"Jadi di masjid ini, sebelum kita naik tangga, itu ada air kahuripan tempatnya wudhu para wali," imbuhnya. 

Sontak unggahan video itu pun ramai menjadi perbincangan di media sosial. Beberapa netizen ada yang mempercayai video dari konten kreator Buya Helmi. Namun ada juga yang tidak mempercayainya. 

Baca Juga : 5 Negara dengan Jumlah Kuota Jemaah Haji Terbanyak di Dunia

"Kalau kita menuju bandara Jeddag aja, naik pesawat no transut, 9 jam, itu udara tanpa macet," @mama*****. 

"MasyaAllah, tour and travel terancam bangkrut ini lurr," @North*****. 

"Kalay ga salah di Aceh juga ada ya goa yang tembus ke Mekah," @Lia**. 

Berdasarkan penelusuran, belum diketahui kebenaran dari cerita soal lorong yang bisa tembus ke Mekah tersebut. Belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan keberadaan lorong tersebut. Beberapa orang berpendapat bahwa lorong tersebut hanyalah sebuah mitos yang berkembang di masyarakat.

Meski demikian, Goa Pamijahan Tasikmalaya tetap menjadi salah satu tempat ziarah yang ramai dikunjungi oleh umat Islam. Banyak orang yang datang ke goa tersebut untuk berziarah ke makam Syekh Abdul Muhyi dan berdoa untuk mendapatkan keberkahan.

Sebagai informasi, Goa Safarwadi Pamijahan terletak di samping makam Syeh Khotib Muwahid, di Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Adapun nama Safarwadi sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu "safar" (jalan) dan "wadi"(lembah/jurang). Artinya, Safarwadi adalah jalan yang berada di atas jurang, sesuai dengan letaknya di antara dua bukit pinggir kali. Goa Safarwadi menjadi salah satu tujuan utama para peziarah yang berkunjung ke Pamijahan. Panjang lorong goa ini sekira 284 meter dan lebar 24,5 meter. 


Topik

Serba Serbi Goa Safawardi Pamijahan Tasikmalaya mekah jalan ke mekah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni