Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

Retinol Boleh untuk Remaja Asal Perhatikan Hal Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

23 - May - 2024, 14:22

Placeholder
Penggunaan retinol. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Penggunaan retinol juga bisa digunakan bagi usia remaja. Tapi lebih baik kalian harus perhatikan tujuan untuk menggunakan, karena penggunaan retional tidak boleh sembarangan.

“Retinol boleh dipake remaja ga sih? Sebenernya ini tergantung dari tujuan pakainya apa yang mau diachieve? terus masalah kulitnya sebenernya itu apa?,” kata dokter kecantikan Yessica Tania lewat sosial medianya di Instagram.

Baca Juga : Menyegarkan Jiwa di Kebun Teh Kertowono: Destinasi Wisata Sejuk di Lereng Gunung Semeru Lumajang

Retinol itu boleh dipakai untuk remaja, untuk kasus jerawat ringan. Misalnya bagi kalian yang memasuki masa pubertas jerawat sudah mulai muncul atau mau memulai anti aging lebih awal.

Retinol berperan untuk menstimulasi pergantian kulit dan produksi kolagen. Bagi pemula atau punya kulit sensitif ingin menjajal retinol, lebih baik tidak sembarangan mengaplikasikan di wajah.

Perempuan yang akrab disapa dokter Zie memberi tips penggunaan retinol bagi pemula dan pemilik kulit sensitif. Tipsnya kalian bisa gunakan sandwich method. “Jadi pakai pelembap dulu sebelum kalian pakai retinol,” imbuh dokter Zie. Setelah menggunakan retinol lanjutkan dengan pelembap pada wajah.

Kemudian gunakan retinol dari persentase yang rendah, selanjutnya gunakan secara bertahap. Jadi gunakan retinol seminggu sekali terlebih dulu. Lalu perhatikan efek samping retinol pada waiah apakah ada iritasi atau tidak.

Jika tidak ada iritasi, kalian bisa menggunakan retinol seminggu tiga kali. Misalnya di hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Jika tidak ada iritasi lagi, penggunaan retinol bisa ditingkatkan jadi 4-5 kali seminggu. Misalnya Senin, Selasa, Rabu, Jumat, dan Sabtu.

Baca Juga : Pak Dhe Girah Ingin Naik Kelas dan Siap Bersaing Dengan Petahana

Selanjutnya perhatikan formulasi retinol pada setiap produk. Pada roduk-produk tertentu diformulasikan secara khusus untuk jerawat atau anti aging.

Untuk jerawat dalam dalam formulasi produk ada kandungan retinoid serta calming agent. Calming agent seperti alantoin, squalane, betain, dan medecassoside.

Kombinasi dari berbagai kandungan tersebut membuat kemungkinan adanya iritasi akibat penggunaan retinol lebih rendah. Bahan aktif tersebut berperan untuk melembapkan, memperkuat skin barrier, serta membantu menenangkan kemerahan dan jerawat.


Topik

Gaya Hidup retinol yessica tania obat jerawat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya