Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Harga Beras SPHP Naik, Ini Penjelasan Bulog

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

23 - May - 2024, 13:10

Placeholder
Ilustrasi.(Foto: istimewa).

JATIMTIMES - Harga beras SPHP di Kota Malang sedang naik. Bahkan, harganya di pasaran disebut sudah hampir sama dengan beras premium. Saat ini, harga eceran tertinggi (HET) beras SPHP menjadi Rp 12.500 dari sebelumnya Rp 10.900. 

Kenaikan tersebut juga terjadi untuk harga di tingkat gudang. Dari yang sebelumnya Rp 9.950 menjadi Rp 11.000. Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Malang Siane Dwi Agustina mengatakan, hal itu terjadi akibat permintaan yang cenderung menurun. 

Baca Juga : Arti Bulol, Bahasa Gaul Anak Muda untuk Orang Kasmaran

"Soal permintaan kan sekarang ini karena panen raya, sehingga permintaannya agak menurun. Karena memang beras yang ada di masyarakat stok agak banyak," ujar Siane. 

Dirinya memperkirakan, permintaan akan kembali meningkat jika kondisi sudah mulai paceklik alias stok di pasaran mulai berkurang. Namun demikian dirinya memastikan bahwa stok sampai saat ini terbilang aman. Bahkan hingga 6 bulan ke depan. 

"Apalagi juga saat ini menyalurkam bantuan pangan, alokasi apil-juni masing masing per masyarakat penerima bantuan itu per 10 kg," imbuh Siane. 

Saat ini, Bulog juga secara terus menerus memastikan distribusi beras ke pasaran di Kota Malang. Selain ke 17 pasar tradisional, pihaknya juga mensuplly ke warung tekan inflasi (WTI) dan toko-toko eceran yang berada di luar pasar tradisional. 

"Kalau WTI 3, pasar ada 17 tidak termasuk toko yang lain di luar pasar. Sekali memasok hampir 100 ton beras SPHP. 100 ton itu untuk wilayah bulog kantor cabang malang, periodenya per hari," terang Siane. 

Baca Juga : Menyerang Singapura, Apa Itu COVID-19 FLiRT? Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Saat ini, stok beras SPHP terdapat sekitar 13 ribu ton. Sementara untuk pengadaan dalam negeri sudah mencapai 5.800 ton. Dan juga masih ada sebagian yang masih sedang berproses produksi. 

"Jadi kalau pengadaan itu kan sepanjang tahun, kita kan dari Bulog Malang sudah mencapai 100 persen lebih dari target yang sudah ditentukan. Supply nya ada yang dari Malang sendiri, ada juga yang dari luar Malang," pungkas Siane. 


Topik

Ekonomi beras SPHP harga beras Malang Bulog



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri