Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Ornamen Masyarakat Oesing Hiasi Stasiun Banyuwangi Kota yang Sedang Bersolek

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - May - 2024, 19:55

Placeholder
Proses pelaksanaan penataan kawasan Stasiun Banyuwangi Kota (Istimewa)

JATIMTIMES - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, salah satunya dengan melakukan pengembangan Stasiun Banyuwangi Kota yang berada di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur (Jatim).

“Mulai bulan Maret telah dimulai pekerjaan untuk pengembangan Stasiun Banyuwangi Kota dan akan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2024 ini,” ujar Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

Baca Juga : Sempat Ternodai Kabar Tindak Kejahatan, Pelaku Wisata Pulau Merah Berharap Adanya Pembenahan

Cahyo menuturkan, pekerjaan yang dilakukan di stasiun yang dulunya bernama Stasiun Karangasem dan mulai berganti nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota sejak 1 Desember 2019 lalu antara lain dengan penambahan ruang tunggu penumpang, perluasan area parkir dan penambahan beberapa fasilitas pelengkap lainnya.

“Selama Bulan April 2024, sebanyak 71.568 pelanggan menggunakan kereta api dari Stasiun Banyuwangi Kota, artinya rata-rata setiap hari terdapat 2.386 penumpang yang naik dan turun di stasiun ini,” imbuh Cahyo.

Di antara beberapa stasiun kereta api yang berada di wilayah Banyuwangi yang menjadi tempat naik turun penumpang seperti Stasiun Ketapang, Stasiun Rogojampi maupun Stasiun Kalisetail, keberadaan Stasiun Banyuwangi Kota menjadi stasiun dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap kebudayaan daerah, penataan Stasiun Banyuwangi Kota ini nantinya juga akan mengadopsi bentuk bengunan atau ornamen dari masyarakat Oesing, yang merupakan suku asli dan menempati wilayah Banyuwangi,” tambah Cahyo.

Meningkatnya minat dan animo masyarakat untuk berwisata di Kabupaten Banyuwangi dan lokasi stasiun yang cukup dekat dengan pusat kota serta beberapa destinasi wisata lain seperti; Taman Wisata Kawah Ijen, Desa Adat Kemiren dan yang lain membuat Stasiun Banyuwangi Kota menjadi tempat yang cukup strategis.

Baca Juga : Granit Kualitas Terbaik Ini Bisa Didapatkan dengan Harga Murah Meriah di Graha Bangunan

“Harapannya Stasiun Banyuwangi Kota yang merupakan salah satu pintu gerbang wisata, nantinya bukan hanya sebagai tempat naik turun penumpang, tapi juga menjadi ikon atau simbol baru yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi,” imbuh Cahyo.

KAI Daop 9 Jember juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang biasa naik/ turun di Stasiun Banyuwangi Kota yang kenyamanannya terganggu karena adanya pekerjaan proyek pengembangan stasiun.


Topik

Transportasi Stasiun Kota Banyuwangi PT KAI kereta api



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni