Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Seru, Humas dan UPT DPUBM Jatim Ikut Pelatihan Bikin Video

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - May - 2024, 18:27

Placeholder
Momen salah satu peserta menerima challenge untuk voice over (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada sesi akhir pelatihan peningkatan kapasitas dalam bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi, bidang kehumasan dan UPT Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur (DPUBM Prov Jatim) mendapat materi video.

Materi tersebut disampaikan Ahmad Amin dan Imarotul Izzah yang merupakan divisi konten JatimTIMES Network.

Baca Juga : Profil Zoe Levana, Tiktoker yang Viral Usai Terjebak di Jalur Busway dan Diduga Terlibat Skandal dengan Gus Zizan

Pelatihan peningkatan kapasitas dalam bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi digelar di Savana Hotel and Convention, Kota Malang, Senin (21/5/2024).

Ahmad Amin sebagai pemateri pertama pada konten videografi mengatakan bahwa video adalah salah satu konten yang dapat dimanfaatkan DPUBM Provinsi Jatim untuk menjelaskan bagaimana kinerja dari dinas tersebut. Karena DPUBM sendiri banyak bergerak pada sektor pembangunan.

Amin pun mencontohkan sejumlah video buatan JatimTIMES Network yang mengambil gambar proses pembangunan drainase hingga jalan di Kabupaten Malang.

“Jadi untuk pengambilan video itu bisa pada proses pembangunan yang dilakukan DPUBM, mulai before hingga after,” kata Amin.

Di situ, Amin juga memberikan tips dan trik pada saat mengambil video. Seperti menata angle video, pencahayaan hingga bahan yang diperlukan pada sebuah konten yang akan dikerjakan.

Selain Amin, Ima juga memberikan wawasan terkait konten video. Namun video yang dikerjakan lebih banyak mengarah ke video pendek.

Ima yang juga spesialis voice over itu mengatakan bahwa video pendek juga penting untuk menghadirkan sebuah informasi cepat. Selain proses pembuatan bisa melalui gadget, video pendek juga banyak lebih disukai oleh masyarakat.

“Yang terpenting adalah sebuah informasi itu bisa sampai ke masyarakat. Dan video pendek juga banyak dilihat masyarakat,” ungkap Ima.

Baca Juga : Profil Gus Zizan, Tokoh Inspiratif yang Diduga Punya Skandal dengan Tiktoker Zoe Levana

 

Pada akhir sesi pelatihan, Ima membuat sebuah challenge kepada peserta untuk membuat voice over. Dan ada salah satu peserta pelatihan dari UPT Pamekasan yang berani untuk tampil.

Sebagai informasi, DPUBM Provinsi Jatim menggandeng JatimTIMES Network untuk menggelar pelatihan peningkatan kapasitas dalam bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi.

Kegiatan pelatihan jurnalistik dibagi menjadi empat sesi. Dan setiap sesi terdapat dua pemateri dari JatimTIMES Network.

Pada sesi pertama, peserta mendapatkan materi praktik mengenai penulisan artikel. Pada sesi kedua nanti disambung dengan materi praktik mengenai pelatihan infografis.

Pada sesi ketiga dilanjutkan dengan materi praktik pelatihan fotografi dan sesi terakhir mengenai pelatihan videografi.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni