Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

39.226 CJH ke Tanah Suci dari Surabaya, Menhub Pastikan Bandara Juanda Siap

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : A Yahya

19 - May - 2024, 09:02

Placeholder
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan haji 2024 di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (18/5/2024).

JATIMTIMES - Sebanyak 39.226 calon jemaah haji (CJH) diberangkatkan dari Surabaya pada musim haji tahun ini. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya  memastikan Bandara Internasional Juanda siap melayani penerbangan haji.

Hal ini disampaikan di sela meninjau kesiapan angkutan haji 2024 di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (18/5/2024). Ia menegaskan, memastikan seluruh infrastruktur bandara Juanda siap mendukung layanan haji.

Baca Juga : Melihat Kontrakan Jemaah Haji China yang Berada di Perbukitan Makkah, Karena Murah 

"Kami secara terus-menerus berupaya meningkatkan layanan penerbangan, termasuk angkutan haji. Untuk itu kami selalu memastikan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan prioritas utama," papar Budi Karya. 

Embarkasi Surabaya pada tahun ini memberangkatkan 106 kloter jamaah haji dengan total 39.226 jemaah. Setiap kloter terdiri dari 371 orang dengan komposisi 366 jemaah haji dan 5 petugas kloter.

Dalam kesempatan kali ini, Budi Karya juga sempat menyapa calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. Pada Sabtu (18/5/2024), terdapat empat kloter keberangkatan haji dengan total 1.484 penumpang.

Keberangkatan jemaah haji kloter Surabaya menggunakan armada pesawat udara type A330 dari maskapai Saudi Airlines. Sementara PT Jasa Angkasa Semesta akan mengakomodir penunjang pelayanan darat pesawat udara (ground handling operator).

Di samping itu, Embarkasi Surabaya menyediakan layanan Makkah Route, yaitu imigrasi dari Pemerintah Arab Saudi yang berada di Indonesia. Layanan ini berguna mempercepat proses administrasi keimigrasian, sehingga para jemaah haji yang tiba di Arab Saudi dapat langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Kota Batu Ini Bakal Dilengkapi Trotoar Glow in The Dark, Digarap Mulai Juli

"Ini adalah Makkah Route yakni imigrasi yang tadinya di Arab dipindah ke sini. Mulai tahun ini Makkah Route tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Solo dan di Surabaya. Oleh karenanya saya berterima kasih kepada Arab Saudi yang sudah memberikan fasilitas Makkah Route," ungkap Budi Karya. 

Menhub juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama berbagai pihak dalam mendukung kelancaran angkutan haji 2024.


Topik

Pemerintahan Cjh Surabaya Budi Karya haji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

A Yahya