Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Wisuda Semester Ganjil 2023/2024, Rektor Unikama Sampaikan 5 Bekal dalam Pengembangan Karir

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - May - 2024, 17:04

Placeholder
Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (18/5/2024) (ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melaksanakan Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (18/5/2024). Dalam momen itu, ada 5 pesan penting yang disampaikan Rektor Unikama untuk motivasi 302 wisudawan dalam pengembangan karir. 

Rektor Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi, menjelaskan, bahwa kemampuan komunikasi dengan berbagai kalangan lewat pergaulan positif menjadi hal yang pertama harus dimiliki para wisudawan. Hal ini sangatlah penting karena akan dapat membuka beragam kesempatan dan peluang pekerjaan. 

1

Terlebih saat telah masuk dunia kerja, komunikasi menjadi sebuah kemampuan yang harus terus dikembangkan. Sebab, para lulusan nantinya akan bersama atau berdampingan dengan orang lain dalam berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda. 

Baca Juga : Tahun Politik di 2024, Wawali Armuji Minta ASN Tetap Fokus Bekerja

"Saudara harus menjadi sosok yang dapat dipercaya serta solutif dan mampu bekerja sama dengan rekan kerja Saudara. Utamakan keberhasilan kelompok dibandingkan keberhasilan diri sendiri semata," katanya.

Hal kedua yang juga penting adalah, kesediaan untuk terus mengupdate ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang diminati atau digeluti.

3

Artinya, para lulusan hendaknya terus mengikuti perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi seperti pemanfaatan aplikasi berbasis Artificial Intelligence, presentasi dengan memakai teknologi audio visual, kecakapan dalam menggunakan media sosial, serta kemampuan berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris sudah merupakan kebutuhan pokok di era saat ini.

Lebih lanjut dijelaskan Rektor, bahwa bekal ketiga yang harus juga dimiliki adalah karakter yang baik, sopan dan jujur serta 
ketangguhan atau kegigihan dalam mencapai target. Hal ini menjadi sesuatu yang wajib juga untuk dimiliki para lulusan.

"Selain itu tidak menyalahkan keadaan/lingkungan sekitar, bangkit jika mengalami kegagalan, serta terus bergerak ke depan adalah sebagian dari ciri-ciri karakter orang yang sukses," jelasnya.

2

Keempat adalah kedekatan para wisudawan dengan Sang Pencipta melalui ibadah-ibadah dan amalan terbaik secara istiqomah. Hal ini merupakan sebuah keniscayaan. Manusia  merupakan seorang hamba yang lemah, tiada daya dan kekuatan selain atas izin dan kehendak dari Tuhan Ilahi Rabbi. Keberhasilan para wisudawan tidak bisa lepas dari kuasa dari Sang Pencipta. 

Baca Juga : Diduga Menikah Diam-diam, Ariel Tatum Trending X: Cek Faktanya di Sini

"Oleh karena itu, selalulah dekat dengan Sang Kholiq serta niatkan semua aktivitas Saudara untuk mendapatkan ridho dari Tuhan agar saudara tidak mudah terombang-ambing dengan situasi kondisi yang saudara temui," paparnya.

Hal kelima yang menjadi penekanan Rektor adalah, restu dari keluarga khususnya dari orang tua. Dijelaskan Sudi Dul Aji, bahwa ridho Tuhan dimulai dari ridho orang tua. Sehingga kepatuhan kepada orang tua adalah syarat mutlak bagi keberhasilan hidup. 

Lebih dari itu, ketentraman dan kebahagiaan hidup hanya bisa direngkuh jika para wisudawan senantiasa berusaha membahagiakan kedua orang tua. Selain itu, terus menjalin silaturahmi dengan berbagai pihak menjadi salah satu hal yang juga mendukung dalam pengembangan karir.

"Bagi orang tua saudara yang telah meninggal dunia, selalulah panjatkan doa dalam berbagai kesempatan agar Tuhan melapangkan kubur orang tua dan mengampuni dosa-dosanya," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Unikama Universitas Kanjuruhan Malang wisuda wisuda unikama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni