Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Sinergi Amankan Objek Vital Nasional, Polres Malang Ikuti Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

17 - May - 2024, 19:33

Placeholder
Forum memitraan polisi dan masyarakat. (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Polres Malang mengikuti kegiatan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Tahun 2024. Kegiatan itu berkolaborasi dengan PLN Nusantara Power Up Brantas di PLTA Sutami, Jumat (17/5/2024).

FKPM merupakan forum rutin yang dilaksanakan tiap tahun oleh PLN Nusantara Power sebagai media komunikasi atau kerja sama yang dibangun antara masyarakat dengan polisi.

Baca Juga : Turun ke Jalan, Jurnalis Blitar Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Tujuan FKMP sendiri adalah menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Salah satunya di lingkungan objek vital nasional (obvitnas). 

PLN Nusantara Power UP Brantas sebagai obvitnas dengan 13 PLTA (pembangkit listrik tenaga air) yang tersebar di Kabupaten Malang, Blitar, Tulungagung, Madiun, dan Ponorogo memiliki kepentingan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang PLTA sebagai bagian dari obvitnas.

Senior Manager UP Brantas Arfan dalam sambutannya menyampaikan bahwa  FKPM yang berkolaborasi dengan TNI-Polri ini dapat dipahami oleh masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat juga memiliki peran dalam mendukung keberadaan obvitnas yang bergerak di bidang pembangkitan kistrik.

“Menjaga keberlangsungan operasional PLTA sebagai obvitnas adalah tanggung jawab bersama,” tegas Arfan.

Sementara itu  Kabag Ops Polres Malang Kompol Mohammad Bagus Kurniawan menegaskan Polri memberi jaminan keamanan pada obvitnas yang dimiliki PLN NP UP Brantas. Dalam hal ini, masyarakat juga diajak bersama-sama menjaga obvitnas karena listrik sebagai produk PLTA yang dinikmati oleh masyarakat luas.

Baca Juga : Sopir Truk Diduga Mengantuk, Tabrak Truk Parkir di Pakisaji Malang

“Kalau produksi listrik di PLTA terganggu, misal terjadi blackout, masyarakat juga yang merasakan dampaknya. Maka dari itu, mari bersama-sama mendukung keberadaan PLTA,” ujar Bagus.

Pada pelaksanaan FKPM kali ini, materi awareness disampaikan oleh Bripka Oktav selaku kanit binpolmas Satbinmas Polres Malang. Materi berjudul Peran FKPM dalam Menjaga Situasi Keamanan Masyarakat disampaikan kepada peserta FKPM.

Dalam salah satu pemaparannya, Bripka Oktav menyampaikan peranan Polri dalam masyarakat seperti apa yang sudah diatur dalam Perpol No 1 tahun 2021 tentang Pemolisian Masyarakat. Setelah penyampaian materi, di sela waktu Kanit Pamobvit Polres Malang Nining juga menyampaikan definisi obvitnas beserta dukungan yang bisa diberikan oleh masyarakat sekitar.


Topik

Peristiwa Objek vital nasional polisi dan masyarakat obvitnas Polres Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy