Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

3.330 Anggota PPK Pilkada 2024 di Jatim Resmi Dilantik, Berikutnya Giliran PPS

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

16 - May - 2024, 19:31

Placeholder
Komisioner KPU Jatim Miftahur Rozaq ketika memberikan sambutan pada pelantikan PPK di Kabupaten Nganjuk. (Dok. KPU Jatim)

JATIMTIMES - Sebanyak 3.330 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) resmi dilantik pada Kamis (16/5/2024) hari ini. Pelantikan dilakukan serentak pada hari yang sama namun di tempat berbeda.

Komisioner KPU Jatim Miftahur Rozaq menjelaskan, PPK merupakan badan adhoc Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  2024. Di Jatim, terdapat 3.330 anggota PPK yang tersebar di 666 kecamatan.  Nantinya, mereka akan bertugas di wilayah masing-masing.

Baca Juga : Arema Tak Lolos Club Licensing, Masih Bisa Main Musim Depan?

 "Di Jatim ada 666 kecamatan, maka ada sekitar 3.330 PPK yang dilantik di 38 kabupaten/kota seluruh Jawa Timur," kata Rozaq, Kamis (16/5/2024).

Meski pelantikan dilakukan secara serentak pada hari ini, namun waktu pelaksanaannya berbeda-beda. Miftahur Rozaq merinci, pelantikan tersebut dilakukan sejak pagi. Bahkan sejumlah daerah ada yang menggelar pelantikan pada malam hari. 

"Waktunya berbeda, ada yang jam 7, 8 sampai nanti jam 19 malam dan kebetulan kami melakukan supervisi dan monitoring KPU kabupaten dan kota terkait pelaksananaan pelantikan PPK," ujarnya.

Setelah ini, KPU juga akan segera membentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) di seluruh Jawa Timur. Pelantikan petugas PPS ini dijadwalkan pada 26 Mei 2024 serentak seluruh Indonesia.

Baca Juga : Jelang Pilkada, Polres Tulungagung Gelar Sertijab PJU dan Kapolsek

“Selanjutnya, akan dilaksanakan pembentukan PPS di seluruh Jatim. tanggal 26 Mei pelantikan serentak seluruh Jawa Timur, bahkan seluruh Indonesia," pungkasnya.


Topik

Politik KPU Jatim PPK se-Jatim Jatim pelantikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy