Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Sekolah di Jatim Masih Boleh Study Tour, Pemprov Ingatkan Pengawasan dan Jangan Ada Paksaan

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

16 - May - 2024, 19:06

Placeholder
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Aries Agung Paewai.

JATIMTIMES - Sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Timur (Jatim), khususnya tingkat SMK/SMK, masih diperbolehkan menyelenggarakan study tour. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Aries Agung Paewai.

Diketahui bersama, isu mengenai study tour ramai diperbincangkan publik setelah adanya kecelakaan bus yang mengangkut rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Kota Depok di wilayah Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Insiden itu berdampak pada evaluasi pelaksanaan study tour hingga mencuat adanya larangan sekolah untuk menggelar kegiatan semacam itu.

Baca Juga : Alasan Mundurnya Kevin Sanjaya dari Pelatnas: Cedera hingga Kehilangan Pasangan

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) malalui Dindik Jatim tidak mengeluarkan larangan terkait pelaksanaan study tour yang dilakukan sekolah. Meski begitu, ia meminta sekolah harus membuat SOP yang jelas dan pengawasan melekat dari guru serta laporan kepada Dindik.

Dalam pembuatan program study tour, sekolah harus menggandeng para orang tua sehingga memberikan dampak bagi siswa dan sekolah. "Yang terpenting fokus study tour telah mendapatkan rekom untuk diterima," ungkap Aries, Kamis (16/5/2024).  

Selain itu, yang tidak kalah penting,  kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi  laik jalan serta dikendarai oleh driver yang berkompeten. Pun demikian, Aries kembali menegaskan bahwa tidak boleh ada paksaan terhadap siswa untuk ikut dalam kegiatan study tour. 

"Saya juga berharap tidak ada pemaksaan pelaksanaan study tour  apalagi bagi siswa dan orang tua yang tidak mampu, kecuali mereka ikut dibantu dibiayai melalui bantuan sekolah," tandasnya.

Baca Juga : Ketua MUI Jatim Berikan Tausiyah Kebangsaan ke Ratusan Calon Juru Dakwah LDII

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa Pemprov Jatim tidak melarang kegiatan tersebut karena itu jadi kesempatan sekolah mengenalkan siswa terhadap perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyiapkan ke jenjang berikutnya. Dia juga mengimbau agar study tour bisa dilakukan di Jatim saja mengingat jumlah PTN yang cukup banyak.

"Jadi, saya berharap sekolah-sekolah dan guru mempertimbangkan kembali jika melakukan study tour. Utamakan dahulu di wilayah Jatim. Kan ada Unair, UB,  ITS, Universitas Jember dan UINSA serta berbagai universitas lainnya yang luar biasa hasil lulusannya," ujar Aries.


Topik

Pendidikan Study tour Dinas Pendidikan Jatim Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy