Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Komisi III DPRD Gresik Sidak Jalan Penghubung Desa Kedanyang-Banjarsari, Ini Temuannya 

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Yunan Helmy

16 - May - 2024, 18:45

Placeholder
Komisi III DPRD Gresik ketika sidak jalan penghubung Desa Kedanyang-Banjarsari yang kondisinya hanya tambal sulam, Kamis (16/5/2024).

JATIMTIMES - Komisi III DPRD Gresik melakukan sidak jalan penghubung Desa Kedanyang-Banjarsari. Hasilnya, perbaikan jalan dinilai tidak maksimal.

Wakil rakyat itu menilai  perbaikan harus dilakukan secara total dan menyeluruh. Sebab, kerusakannya sangat parah. Jika hanya mengandalkan tambal sulam  berpotensi rusak kembali.

Baca Juga : KPU Kota Kediri Lantik dan Ambil Sumpah 15 PPK, Ini Tugas Mereka

 

"Jelas cepat rusak kalau kondisinya seperti ini. Banyak cekungan di lokasi tambal sulam. Tidak lama akan rusak lagi," ujar Sekretaris Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi, Kamis (16/5/2024).

Hamdi menyebut, fondasi dan tembok penahan tanah (TPT) rapuh. Hal itu menjadi penyebab utama terjadi kerusakan jalan karena ambles. Ditambah, perencanaan yang buruk juga menjadi salah satu penyebab. 

"Padahal, baru selesai dibangun akhir tahun lalu. Sebelum dibangun sudah ada TPT-nya. Tapi, TPT tidak ikut ditingkatkan sehingga saat ambrol akan berdampak pada kerusakan jalan," ungkapnya.

Sementara anggota Komisi III DPRD Gresik Luthfi Dawam meminta kepada PU untuk tidak menerima penyerahan jalan tersebut. "Harus ada solusi soal kerusakan yang terjadi karena pemeliharaan akan berakhir Juni nanti," kata dia.

Dikatakan, selama masa pemeliharaan, kerusakan terjadi hampir di seluruh ruas jalan. Parahnya, pemeliharaan yang dilakukan hanya terkesan tambal sulam.

Baca Juga : 90 Anggota PPK se-Gresik Dilantik, Diminta Jaga Integritas

 

"Jika terus seperti ini, maka masyarakat dan penggunaan jalan yang akan terdampak," pungkasnya.

Atas temuan itu, Komisi III akan memanggil Dinas Pekerjaan Umum (DPU), kontraktor, konsultan perencana dan konsultan pengawas. Tujuannya meminta solusi konkret sebelum masa pemeliharaan selesai. (ADV)


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Yunan Helmy