Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Polres Ngawi Berhasil Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

Penulis : Satria Romadhoni - Editor : Dede Nana

16 - May - 2024, 14:04

Placeholder
Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus illegal logging di kawasan hutan jati.(foto polres ngawi for JatimTimes)

JATIMTIMES- Satreskrim Polres Ngawi, Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus illegal logging di kawasan hutan jati. Waktu kejadian adalah pada hari Senin (14/4/2024) sekira pukul 17.30 WIB dan TKP (tempat kejadian perkara) tepatnya berada di RPH Ngantepan BKPH Getas petak 82b-2 dan di jalan dekat sawah masuk Dusun Ngambong Desa/Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi. Dari hasil ungkap kasus tersebut, polisi berhasil mengamankan 3 orang tersangka illegal logging beserta sejumlah barang bukti.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono dalam konferensi pers di depan kantor media center Humas Polres Ngawi mengatakan, awal ditangkapnya 3 tersangka karena ada laporan dari pihak Perhutani Ngawi.

Baca Juga : Eks Kades Wadung Ditetapkan Tersangka Korupsi DD dan ADD, Kerugian Negara Rp 646,2 Juta

"Setelah kita menerima laporan dari Kantor Perhutani Ngawi, terkait adanya pencurian kayu jati di  RPH Ngantepan, Pitu. Reskrim bersama dengan Perhutani langsung menyisir wilayah hutan tersebut dan menemukan 22 batang kayu jati dengan berbagai macam ukuran," tutur Argo di depan media, Kamis (16/5/2024).

Ia menjelaskan setelah melakukan pengecekan dan serangkaian penyelidikan maka berhasil mengungkap kasus, serta mengamankan 3 orang tersangka. Sementara 5 orang lainnya masih buron.

“Kami lakukan penangkapan setelah bukti di lapangan cukup. 3 orang sudah diamankan, sedang untuk 5 orang yang identitas sudah ada saat ini DPO,” tambahnya.

Adapun 3 tersangka yang berhasil diamankan polisi yakni inisial L bin I seorang residivis (39), AS bin P (46), N als S bin P (43). Ketiganya merupakan warga Ngawi. “Pelaku saat ini ditahan di rutan (rumah tahanan) Polres Ngawi untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Argo.

Baca Juga : 5 Wilayah di Jawa Timur dengan Produksi Padi Tertinggi dan Terendah 

Adapun barang bukti yang disita berupa 1 ( satu) unit sepeda Yamaha Jupiter, 2 (dua) unit senso, 22 (dua puluh dua) batang kayu jati berbagai ukuran. Atas kasus ilegal logging ini, para pelaku dijerat Pasal 82 ayat (1) huruf c dan Pasal 83 (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e UURI Nomer 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, sebagaimana diubah dalam pasal 37 angka 12 dan angka 13 UU RI nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja.

“Ancaman hukuman minimal satu tahun, maksimal 5 tahun penjara," tutup Argo yang didampingi Wakapolres Kompol Achmad Robial, Kasat Reskrim AKP Joshua dan Kasi Humas Iptu Dian.


Topik

Hukum dan Kriminalitas ileggal logging polres ngawi perhutani



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Satria Romadhoni

Editor

Dede Nana