Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Update Pesawat Angkut CJH Putar Balik karena Mesin Rusak, Kemenag Tegur Keras Garuda

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Dede Nana

16 - May - 2024, 13:01

Placeholder
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ketika meninjau penerbangan haji bersama Menag Yaqut Cholil Qoumas.

JATIMTIMES - Kementerian Agama (Kemenag) menyayangkan kejadian rusaknya mesin pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut calon jemaah haji (CJH), Rabu (15/5/2024). Kerusakan mesin itu menimbulkan percikan api, sehingga membuat pesawat harus putar balik ke bandara asal.

Pesawat Garuda dengan kode GIA 1105 membawa 450 CJH asal Gowa. Pesawat ini terbang pada sekitar pukul 15.30 WITA dan mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 17.15 WITA. Sebelum mendarat, pesawat harus berputar untuk mengurangi bahan bakar.

Baca Juga : Ngilu! Pekerja Bandara Terjatuh dari Airbus A320 Saat Pintu Pesawat Terbuka

"Garuda Indonesia sudah menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa ini kepada jemaah dan Kementerian Agama. Kami menghargai permintaan maaf yang disampaikan," ungkap Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie, dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

"Tapi kita menyayangkan adanya peristiwa kerusakan mesin pesawat dalam penerbangan haji. Garuda Indonesia harus profesional karena ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan jemaah. Kita minta kejadian seperti ini tidak terulang,” tegasnya.

Setelah kejadian itu, Kemenag langsung menggelar rapat koordinasi untuk memberikan respons cepat atas masalah penerbangan di Makassar dan dampak yang ditimbulkan. Anna Hasbie menegaskan, pihaknya juga telah menegur Garuda Indonesia.  

“Kita telah memberikan teguran keras kepada Garuda Indonesia,” ucapnya.

Anna menjelaskan, setelah CJH mendarat lagi di bandara Sultan Hasanuddin, dilakukan evakuasi menuju Asrama Haji Embarkasi Sudiang Makassar. Mereka lantas beristirahat dan menunggu jadwal penerbangan dengan pesawat pengganti. 

"Kami minta Garuda Indonesia memegang komitmen akan keamanan dan keselamatan dengan mempersiapkan pesawat sebaik mungkin dari jauh-jauh hari. Sehingga tidak mengacaukan rencana perjalanan jemaah yang sudah disusun. Sebab, perubahan jadwal atau penggantian pesawat yang mendadak akan berdampak sistemik, termasuk berkenaan dengan penempatan hotel, transportasi, dan konsumsi jemaah di Madinah,” sebut Anna.

Baca Juga : Keberangkatan 932 Jemaah Haji Asal Kabupaten Blitar Dibagi dalam Dua Sesi

"Kami minta Garuda siapkan mitigasi secara menyeluruh dan langkah antisipasi. Kami minta jadwal penerbangan harus tetap sama, tidak berubah karena ini bisa menyebabkan efek domino," sambungnya.

Sementara itu, Garuda Indonesia akhirnya menerbangkan kembali penerbangan haji GA-1105 pada Rabu malam ini pukul 22.02 dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Para penumpang yang merupakan Jemaah Kloter 5 Embarkasi Makassar tersebut akan kembali melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan armada Boeing 747-400 (ER-TRV) menuju Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, untuk armada Boeing 747-400 (ER-BOS) yang sebelumnya mengalami kendala teknis, akan dikandangkan. "Berhenti operasional untuk sementara waktu (grounded) guna menjalani inspeksi menyeluruh bersama pihak pihak terkait hingga pesawat tersebut dinyatakan siap untuk kembali terbang," bebernya.

Adapun sebagai bagian dari langkah mitigasi operasional penerbangan haji dari Embarkasi Makassar agar tetap berlangsung lancar pasca peristiwa tersebut, Garuda Indonesia juga telah mempersiapkan alokasi pesawat back up guna memastikan keberangkatan calon jemaah haji selanjutnya berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan.


Topik

Peristiwa kemenag garuda indonesia mesin pesawat garuda rusak calon jemaah haji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Dede Nana