Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkab Gresik Beri Bantuan Sembako kepada Ribuan Nelayan Terdampak Cuaca Buruk

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : A Yahya

16 - May - 2024, 11:00

Placeholder
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (dua dari kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako kepada seorang nelayan di pendopo kecamatan Bungah, didampingi Plt Kepala Dinas Perikanan Johar Gunawan dan Camat Bungah Moh Izzul Muttaqin, Kamis (16/5/2024).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Gresik memberikan bantuan paket sembako kepada ribuan nelayan di wilayah Gresik utara. Meliputi kecamatan Manyar, Bungah dan Sidayu.

Bantuan tersebut bentuk kepedulian pemerintah untuk meringankan beban para nelayan yang sedang tidak melaut karena dampak cuaca buruk.

Baca Juga : Teuku Ryan Kehilangan Gairah dengan Ria Ricis karena Uang Cicilan Rumah

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan, bantuan sembako kepada nelayan bagian dari tugas pemerintah melalui dinas terkait untuk meringankan beban masyarakat. 

"Masa kerja nelayan sekitar delapan bulan, sisanya itu kondisi cuaca buruk. Makanya kami bersama Bu Min membuat program Bhakti Peduli Nelayan Berdaulat," ujarnya. 

Gus Yani sapaan akrabnya menyebut, Bhakti Peduli Nelayan Berdaulat merupakan program baru yang sudah berjalan tiga tahun sejak awal kepemimpinannya bersama Wakilnya Aminatun Habibah.

"Pemerintah berusaha membantu meringankan beban nelayan di kabupaten Gresik. Mudah-mudahan sedikit bantuan ini bermanfaat," imbuh mantan Ketua DPRD Gresik tersebut.

Selain bantuan paket sembako, pemerintah juga berkomitmen membantu nelayan. Melalui badan usaha milik daerah (BUMD) yang berusaha mempermudah nelayan mendapatkan BBM bersubsidi.

Beberapa SPBU khusus nelayan telah dibangun dan sudah beroperasi, seperti di Lumpur Gresik dan Campurejo Panceng. "BBM bersubsidi menjadi nafas nelayan," ungkapnya.

Baca Juga : Jabatan Kades Diperpanjang, Pilkades Kabupaten Malang di 310 Desa Dibatalkan

Plt Kepala Dinas Perikanan Gresik Johar Gunawan mengatakan, bantuan ini wujud dari kepedulian Pemkab Gresik kepada nelayan. Utamanya yang sedang tidak bisa melaut karena cuaca buruk.

Johar menyebut, total ada 1000 nelayan terdiri dari tiga kecamatan yang mendapatkan bantuan sembako. Kecamatan Manyar sebanyak 218 nelayan, Bungah 582 dan Sidayu 200 nelayan. 

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban para nelayan. Kami juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan Gresik Fandi Ahmad Yani bupati Gresik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

A Yahya