Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik PILKADA KABUPATEN MALANG 2024

PKS Bangun Koalisi dengan Demokrat dan Hanura Kuatkan Siadi-Puguh

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

15 - May - 2024, 18:35

Placeholder
Politisi PKS sekaligus anggota DPRD Provinsi Jatim terpilih dr H. Puguh Wiji Pamungkas. (Foto: for JatimTIMES)

JATIMTIMES - PKS, Demokrat dan Hanura bakal berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2024. Ketiga partai tersebut bahkan sudah menyatu dalam satu fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang.

Rencana koalisi ketiga partai tersebut, disampaikan langsung oleh politisi PKS dr H. Puguh Wiji Pamungkas. "Kami juga membangun di DPRD Kabupaten Malang itu satu fraksi gabungan dengan Demokrat dan Hanura. Jadi semoga saja nanti Demokrat dan Hanura ini nanti juga menjadi bagian (koalisi)," ungkap Puguh.

Baca Juga : Jangan Minum Kopi Setelah Bangun Tidur, Begini Penjelasan Dokter

Sebelumnya, Puguh mengaku juga telah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai dan tokoh politisi. Satu di antaranya adalah dengan partai Golkar.

Pertemuan antara Puguh dengan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang Siadi tersebut berlangsung pada Senin (13/5/2024). Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga membahas ihwal kesiapan menyongsong Pilkada Kabupaten Malang 2024.

Hingga akhirnya, usai pertemuan tersebut Siadi - Puguh dirumorkan bakal gandeng sebagai calon kepala daerah (Cakada) pada Pilkada Kabupaten Malang 2024. Jika itu terealisasi, maka secara otomatis koalisi antara Golkar dan PKS juga akan terbentuk. "Jelas, itu sebagai salah satu bargaining kita," ujar Puguh.

Sekedar informasi, dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) yang diselenggarakan serentak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu, PKS sukses menjadi pendatang baru. Yakni dengan memperoleh dua kursi di DPRD Kabupaten Malang. "Meskipun kita dua kursi, tapi suara kita gemuk, 80 ribu," ujar politisi yang juga menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur terpilih ini.

Capaian pada Pileg itulah, yang diakui Puguh, bakal menambah nilai penawaran untuk membangun koalisi bagi PKS pada Pilkada Kabupaten Malang 2024. "Tentu saja itu akan menjadi bargaining, kan 80 ribu suara kita. Dalam konteks Pilkada sangat luar biasa itu, bahkan bisa menjadi penentu," tuturnya.

Baca Juga : Sosok Cak Thoriq, Petahana Bupati Lumajang yang Resmi Dapat Rekom PKB di Pilkada 2024

Selain Golkar, Hanura, dan Demokrat, Puguh mengaku PKS juga telah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai lainnya. "Yang sudah ya di fraksi gabungan itu, tapi kemungkinan dari pihak DPD (PKS Kabupaten Malang) sudah berkomunikasi. Cuma, kalau secara lintas partai dengan yang lain (selain Hanura, Demokrat, dan Golkar) belum intens, baru say hello," ujarnya.

Meski mengakui telah menjalin komunikasi politik untuk penjajakan koalisi, namun Puguh menyebut semuanya masih bisa berubah. Termasuk kemungkinan koalisi antara Golkar, PKS, Hanura, dan Demokrat. "Karena kan masih sangat dinamis, inikan masih ada sekitar dua bulan," pungkas politisi yang sekaligus Founder RSU Wajak Husada ini.


Topik

Politik pilkada kabupaten malang puguh wiji pamungkas siadi-puguh



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya