Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Angkut 450 CJH, Pesawat Garuda Indonesia Putar Balik karena Mesin Bermasalah

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

15 - May - 2024, 18:35

Placeholder
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ketika meninjau penerbangan haji bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

JATIMTIMES - Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut 450 calon jemaah haji (CJH) mengalami masalah penerbangan sesaat setelah lepas landas, Rabu (15/5/2024). Pesawat dengan nomor penerbangan GA-1105 rute Makassar–Madinah itu harus menjalani prosedur return to base (RTB) alias putar balik.

Pesawat tersebut mengangkut penumpang yang merupakan calon jemaah haji kloter 5 asal embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan. 

Baca Juga : Tradisi Manten Tebu Tandai Pembukaan Musim Giling di Pabrik Gula Rejoso Manis Indo Blitar

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra buka suara terkait kejadian ini. Dia menjelaskan, pesawat harus putar balik ke bandara asal sebagai langkah cepat untuk memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut. Pasalnya, terdapat masalah pada mesin pesawat yang menyebabkan adanya percikan api.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh pilot in command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine," jelasnya.

Atas kondisi itu, mesin pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi.

"Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT," ungkapnya.

Hingga saat ini, seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti. Lebih lanjut, seluruh penumpang pesawat tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik dan akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti.

"Pendampingan jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik," jelasnya.

Baca Juga : Datangi Tulungagung, Pesulap Merah Tantang Dukun Tenung

Penerbangan GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400 ini tadinya diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, pada pukul 21.10 LT.

Penerbangan tersebut mengangkut sedikitnya 450 penumpang yang merupakan rombongan calon jamaah haji asal embarkasi Makassar serta 18 awak pesawat.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh jemaah haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelenggara haji. Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut  penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan," ucap Irfan.


Topik

Peristiwa Pesawat Garuda putar balik pesawat angkutan haji putar balik Garuda Indonesia calon jemaah haji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy