Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

163 Calon PPS Kota Batu Jalani Tes, 70 Persen Peserta Wajah Lama

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : A Yahya

15 - May - 2024, 17:00

Placeholder
Para peserta calon PPS pasca menjalani seleksi CAT di MAN 1 Kota Batu, Rabu (15/5/2024). (Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 163 peserta calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjalani seleksi tes tertulis dengan metode computer assisted test (CAT) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Batu, Rabu (15/5/2024). KPU Kota Batu menyampaikan bahwa peserta bersaing ketat dengan mayoritas wajah lama untuk bisa lolos tahap selanjutnya.

Komisioner KPU Kota Batu Marlina mengatakan, dalam seleksi tulis berbasis komputer ini sistemnya dibuat transparan bagi para peserta. Pengerjaan puluhan soal dengan waktu singkat akan memunculkan hasil langsung yang dbisa diketahui para peserta. Pelaksanaan res dilakukan dengan pembagian dua sesi. Yakni sesi pagi dan siang. 

Baca Juga : Datangi Kantor DPC PDIP Situbondo, Nyai Khoirani Daftar sebagai Bacawabup

"Hari ini kita CAT untuk tahapan seleksi PPS, calon Pps pilkada 2024 Kota Batu ada 163 orang lulus ke tehapan ini. Peserta mengerjakan tes dari pukul 8.30-12.00 dia sesi, dan diketahui beberapa orang tidak hadir," rinci Marlina.

Dalam pelaksanaanya, lanjut dia, peserta diberikan 75 soal dengan durasi 90 menit. Siapapun peserta yang mengikuti CAT ketika sudah submit mengisi semua soal tersebut, dipastikan langsung mengetahui di komputer masing-masing nilainya di layar masing-masing. "Namun dengan prinsip transparansi, kami diperintahkan KPU RI untuk mengumumkan langsung nilai CAT di papan pengumuman hari ini," jelasnya.

Marlina mengatakan, untuk kepastian lolos tidaknya pimpinan KPU Kota Batu harus melakukan rapat pleno kembali. Yakni untuk menetapkan maksimal tiga kali kebutuhan dari setiap desa dan kelurahan. Atau 9 dari 3 orang yang akan menghadapi tes tahap selanjutnya.

Dikatakan, jika satu desa atau kelurahan tidak sampai tiga kali kebutuhan, maka akan lolos tahap seleksi selanjutnya dan dipertimbangkan dengan cukup ketat. Marlina mengungkapkan, saat ini tes calon PPS diikuti banyak wajah lama. Peserta baru akan bersaing dengan sekitar 70 persen yang sudah berpengalaman menjadi PPS. 

Baca Juga : Bukan yang Populer, Ini Harapan Ketua PCNU Soal Kriteria Calon Wali Kota Batu

"Kami mencatat ada sekitar 70 persen wajah lama. Untuk nanyinya diumumkan di tanggal 19-20 Mei. Selanjutnya pada tanggal 21 Mei tes wawancara sampai tanggal 23, dan tanggal 26 pelantikan," imbuhnya.


Topik

Politik kpu kota batu seleksi pps marlina



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

A Yahya