Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Pantai Parangtritis Yogyakarta Trending X Usai Netizen Ungkap Fakta Mengejutkan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

15 - May - 2024, 12:40

Placeholder
Netizen ungkap fakta soal pantai Parangtritis. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Pantai Parangtritis Yogyakarta mendadak jadi bahan perbincangan netizen bahkan membuat pantai yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul itu trending X pada Rabu (15/5/2024) siang. 

Trending nya Pantai Parangtritis itu lantaran salah satu netizen di X mengungkap fakta soal Pantai tersebut. 

Baca Juga : LDII Diduga Larang Masyarakat Umum Salat Jumat di Masjid Mereka

Melansir cuitan @tanyakanrl, akun tersebut mengaku bahwa dirinya hendak berlibur ke pantai Parangtritis bersama temannya menggunakan sepeda motor. 

Namun, tiba-tiba teman dari pemilik akun menceritakan peristiwa tak terduga yang dialami oleh rekannya. 

"Ra kata tmen"ku d jogja tuh ngndarain mtor tuh g pernah liat kaca spion

Trus g mungkin 1 jm jg psti 2 jm lebih kata tmen"ku

Tmen"ku yg suka mtoran jago pun bahkan kek pentolan pun dia g berani mtoran ke pantai, pdhl itu sm cwo

Ada jg tmenku liburan disana malah celaka d tabrak lari," Isi chat teman pemilik akun. 

Dari chat tersebut, pemilik akun pun mengaku gagal untuk berlibur ke pantai Parangtritis. 

"Aku sama temenku hari ini mau liburan ke jogja tujuan utamanya ke pantai parangtritis, trs tadi temenku malah chat gini, ya gapapa si jadi hati2, tp bikin kami gajadi ke pantai hiks, yg orang Jogja ini bener ga ya?" Tanya pemilik akun. 

Sontak cuitan tersebut langsung diserbu oleh warganet baik yang asli orang Yogyakarta maupun bukan. 

"nder, dmna pun itu ga harus d jogja atau mau ke “paris” (parangtritis) dulu, even lo ke tempat yg jaraknya cuman 1km pun selalu ada resiko dimna pun kita berada apalagi di jalanan, yg penting tuh hati” ajaa. niat baik, doa biar selamat sampai tujuan insya allah baik” aja nder." Ujar @sera***.

"Saya sbg warga asli jogja nder, ke parangtritis sih gapapa aman2 aja kok sejauh ini aku kesana. Jalannya pun juga masih enak, yang agak resiko kalau mau ke pantai gunung kidul jalannya banyak salah2 nanti nyasarnya ke kebon² atau jalan yg rusak. Ya namanya berkendara kan ttp hati2 nderr," Komen @rurul***.

Namun dibalik kehebohan yang tengah terjadi, tidak bisa dipungkiri jika pantai Parangtritis merupakan pantai yang sangat indah. Tak heran apabila wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta tidak mau melewatkan liburan tanpa berkunjung ke Pantai Parangtritis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta mengenai Pantai Parangtritis:

1. Menghadap ke Samudera Hindia Pantai Parangtritis yang berbentuk landai berada di jajaran pantai yang berada di selatan Pulau Jawa.

Baca Juga : Kenali Gangguan Low Vision, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang Hadir di Hospital Expo 2024, Gratis!

Hal ini membuat Pantai Parangtritis memiliki pemandangan yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Tak heran jika pantai ini terkenal dengan pemandangan pantai ke arah laut lepas yang sangat indah.

2. Tempat yang indah untuk menikmati matahari tenggelam Pantai Parangtritis juga memiliki pemandangan lepas ke arah barat. Hal ini membuat pantai ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Tak heran apabila wisatawan bisa meluangkan waktu hingga senja hanya untuk menikmati suasananya. 

3. Memiliki palung yang berbahaya Banyak yang menyebut bahwa ombak Pantai Parangtritis berbahaya bagi wisatawan. Hal ini disebabkan oleh keberadaan palung yang membuat gelombang laut semakin berbahaya, dan mendapat sebutan RIP current. 

Ciri dari keberadaan palung yang berbahaya adalah lokasi dengan gelombang yang tenang. Karakter ini justru menarik wisatawan bermain air di sekitar palung yang membuat mereka dengan mudah tertarik ke tengah laut dan tenggelam. 

4. Terkenal dengan mitos dan legenda 

Beberapa mitos membuat Pantai Parangtritis juga menjadi sangat terkenal dengan ceritanya. Salah satu legenda yang paling terkenal adalah tentang Nyi Roro Kidul yang menguasai Pantai Selatan, yang lekat dengan kepercayaan masyarakat setempat. 

Hal ini juga terkait dengan larangan menggunakan baju berwarna hijau saat bermain di Pantai Parangtritis. Larangan ini sebenarnya terkait warna hijau yang serupa dengan ombak Pantai Parangtritis, sehingga akan menyulitkan evakuasi apabila terjadi kecelakaan. 

5. Dekat dengan gumuk pasir 

Pantai Parangtritis memiliki gumuk pasir yaitu fenomena alam perbukitan pasir yang terbentuk oleh angin.

Wisata gumuk pasir Parangtritis menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari wisatawan.


Topik

Serba Serbi pantai parangtritis wisata gumuk parangtritis berita viral



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana