Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Bupati Sanusi Jenguk Korban Selamat Kecelakaan di Jalur Bromo

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

14 - May - 2024, 20:24

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi saat menjenguk para korban selamat dalam kecelakaan di Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Selasa (14/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi menjenguk para korban selamat dari kecelakaan lalu lintas di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang yang sedang dirawat di RST dr Soepraoen, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Sanusi yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Malang Anis Zaidah itu langsung melihat kondisi dan keadaan para korban selamat. Para korban selamat kondisinya mulai membaik. 

"Menurut keterangan dokter, kondisinya normal tapi perlu ada tindakan dari dokter orthopedi. Jadi nanti dilakukan operasi untuk tulang yang patah jika selesai diobservasi," ungkap Sanusi, Selasa (14/5/2024). 

Sanusi menyebut, untuk pembiayaan para korban  selamat, semuanya telah dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Khusus korban selamat yang menjadi yatim piatu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang agar biaya sekolahnya gratis seluruhnya. 

"Nanti akan koordinasikan dengan Dindik. Tapi prinsipnya untuk anak yatim piatu, kami akan menggratiskan biaya pendidikan mulai dari SD-SMP," kata Sanusi. 

Sementara itu, terkait dengan rute jalan yang dilalui oleh rombongan keluarga dan mengalami kecelakaan lalu lintas di kawasan TNBTS ini, Pemkab Malang akan melakukan koordinasi dengan Balai Besar TNBTS serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI mengenai rute jalan yang cenderung gelap. 

"Ya nanti kami koordinasikan dengan pusat, karena jalan tersebut adalah jalan nasional, jadi kewenangannya Kementerian PUPR. Kalau memang jalannya gelap, nanti kami akan pasangi lampu penerangan jalan umum (PJU). Tentunya perlu koordinasikan dengan BB TNBTS dan Perhutani juga," jelas Sanusi. 

Dalam waktu dekat, pihaknya bersama jajaran Pemkab Malang akan melakukan survei di lokasi kecelakaan yang menwaskan empat orang itu.  "Mungkin besok atau lusa saya akan survei ke sana. Nanti akan kelihatan apa yang perlu kita lakukan dengan Dishub dan kepolisian untuk penanganan, termasuk dengan PU Bina Marga," ucap Sanusi. 

Baca Juga : Dampak Long Weekend, 1 Juta Kendaraan Padati Kota Batu dalam Sepekan Terakhir

Lebih lanjut, nantinya pemkab akan mengusulkan agar diberi tambahan pengaman dan rambu-rambu lalu lintas yang jelas serta dapat dibaca oleh pengendara. Hal itu bertujuan agar pengendara yang melintas dapat lebih berhati-hati. 

"Usulannya nanti pengamanan, kemudian agar diberi rambu-rambu sehingga ketika keadaan gelap, di situ pengendara bisa hati-hati," tandas Sanusi.
 


Topik

Peristiwa Kecelakaan jalur Bromo Bupati Malang HM. Sanusi kunjungi korban selamaf



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy