Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Dampak Long Weekend, 1 Juta Kendaraan Padati Kota Batu dalam Sepekan Terakhir

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

14 - May - 2024, 20:11

Placeholder
Kepadatan terjadi di beberapa tempat wisata di Kota Batu saat menjelang hingga akhir long weekend. (Foto: Prasetyo Lanang/Jatimtimes)

JATIMTIMES - Dalam kurun sepekan terakhir, volume kendaraan di Kota Batu mengalami fluktuasi. Jumlahnya terakumulasi hingga lebih dari satu juta kendaraan melintas dalam  sepekan. Hak tersebut disinyalir dampak dari adanya llibur panjang akhir pekan atau long weekend sejak Kamis 9 Mei 2024 lalu.

Hal tersebut dibenarkan operator Intelegent Traffic System Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu Wahyu Handayani. Data terakhir hingga akhir pekan menunjukkan volume kendaraan yang memadati Kota Batu mencapai 1.047.219 kendaraan yang melintas. Yakni dalam rentang 9-12 Mei 2024.

Baca Juga : Mobil Masuk Jurang Jalur Bromo Dievakuasi, Penyebab Kecelakaan dalam Penyelidikan Polisi

"Terbanyak terjadi pada 11 Mei 2024, ada 171 ribu kendaraan," jelas Wahyu, Selasa (14/5/2024).

Dari data yang tercatat Dinas Perhubungan diketahui paling sedikit pada tanggal 9 Mei di seluruh titik pantau CCTV lalu lintas Kota Batu. Di antaranya Jl Panglima Sudirman-Trunojoyo timur, Jl Imam Bonjol Batos barat, Jl Gajah Mada, Simpang Mojorejo, Jl. Diponegoro Batos, Jl. Patimura, Jl. Brantas, Jl A. Yani depan BCA, Simpang Arumdalu, dan Jl. Trunojoyo - P. Sudirman barat.

Berdasarkan titiknya, kata Wahyu, terpadat di Simpang Arumdalu Kota Batu. Mencapai 161 ribu kendaraan. Sedangkan paling longgar di Jalan Imam Bonjol Batos barat sekitar 73 ribu kendaraan.

Sementara, berdasarkan jenis kendaraan, sepeda motor atau kendaraan roda dua masih mendominasi. Disusul  mobil pribadi dan kendaraan lain. "Memang padat terutama mungkin karena long weekend," katanya.

Beruntung, volume kendaraan yang berfluktuasi ringi itu tak sampai menyebabkan kemacetan parah. Itu karena petugas melakukan sejumlah pengaturan dan rekayasa lalin. Sehingga mampu sedikit terurai pada beberapa titik rawan, meski mengalami kondisi padat merayap di beberapa waktu tertentu.

Baca Juga : Desa Mulyoarjo Lawang Miliki Budidaya Ikan Nila yang Hasilkan Rp 40 Juta Tiap Panen

Sebelumnya diberitakan, beberapa tempat wisata sudah ramai didatangi wisatawan sejak sehari sebelum libur panjang akhir pekan. Pengunjung mengejar harga riket yang murah sebelum diberlakukannya harga tiket musim liburan. Terpantau di lokasi seperti Jatim Park 2, parkir bus mengular hingg pintu keluar pada Rabu (8/5/2024) lalu. Kepadatan juga terjadi beberapa hari setelahnya hingga long weekend.

 


Topik

Peristiwa Long weekend Kota Batu kunjungan ke Kota Batu kota wisata Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy