Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Bupati Sanusi Serahkan 50 Paket Olahan Ikan untuk Ibu Menyusui di Desa Mulyoarjo

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

14 - May - 2024, 19:44

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi saat menyerahkan paket olahan ikan untuk ibu-ibu menyusui di Wisata Latar Bale, Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Selasa (14/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi menyerahkan 50 paket olahan ikan kepada ibu-ibu menyusui yang ada di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, pada kegiatan sosialisasi Gemarikan (Gemar Makan Ikan)  melalui Centing Mami atau Cegah Stunting dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang hadir didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Malang Anis Zaidah ini mengatakan, tujuan utama diberikannya makanan olahan ikan untuk ibu-ibu menyusui ini agar kondisi ibu-ibu dan balita yang disusui semakin sehat. 

"Penyerahan bantuan paket olahan ikan ini agar masyarakat gemar makan ikan dan agar penanganan stunting ini lebih cepat. Dengan begitu anak-anak kita lebih cerdas, dan lebih sehat," ungkap Sanusi, Selasa (14/5/2024). 

Selain itu, ikan merupakan sumber protein yang harganya sangat terjangkau. Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong agar masyarakat, baik yang masih balita, anak-anak, remaja hingga dewasa dapat memperbanyak konsumsi ikan beserta olahannya. Karena selain murah, ikan memiliki protein yang tinggi dan membantu terhadap tumbuh kembang anak.

 

Foto bersama.


Pria asli Gondanglegi, Kabupaten Malang, itu menuturkan, makanan olahan ikan yang diberikan kepada ibu-ibu menyusui merupakan hasil pengolahan yang dilakukan oleh masyarakat di kawasan Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang. 

Menurut dia, selain sebagai upaya untuk mendorong agar masyarakat gemar makan ikan dan mencegah stunting melalui gerakan makan ikan, penyerahan paket olahan ikan yang dibeli dari masyarakat ini juga sebagai upaya dari Pemkab Malang untuk memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

"(Penyerahan paket bantuan olahan ikan) agar masyarakat dapat berkreasi untuk peningkatan ekonomi melalui inovasi dan potensi yang ada di Desa Mulyoarjo," terang Sanusi. 

Sementara itu, Sanusi juga meminta kepada perangkat daerah terkait dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Malang untuk membantu pemerintah desa dalam hal bantuan benih ikan. Pasalnya, ketika pemerintah desa dapat memiliki lahan budidaya ikan, maka masyarakat akan lebih mudah untuk mengonsumsi ikan dengan harga yang lebih terjangkau. 

Dengan begitu, pemerintah desa akan merasakan manfaatnya dengan penambahan pendapatan asli desa (PADes). Sedangkan masyarakat merasakan manfaatnya dengan tubuh yang sehat, kuat dan semakin cerdas.
 


Topik

Pemerintahan Gemar makan ikan Bupati Malang HM. Sanusi budidaya ikan nila Desa Mulyoarjo Lawang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy