Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

SPI UIN Malang Perkuat Kapasitas Pengawasan Internal: Manajemen Risiko dan Audit SDM Jadi Fokus 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

14 - May - 2024, 19:10

Placeholder
SPI UIN Malang gelar penguatan kapasitas pengawasan internal dengan tema manajemen risiko dan audit sumber daya manusia (ist)

JATIMTIMES - 85 Auditor dari unsur Lembaga Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawasan Internal, mengikuti workshop yang diselenggarakan Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Selasa, (14/5/2024). Kegiatan ini menjadi upaya dalam penguatan kapasitas pengawasan internal dengan tema manajemen risiko dan audit sumber daya manusia. 

Kepala SPI UIN Maliki Malang, Dr Muhammad In'am Esha MAg, menegaskan pentingnya para auditor untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini akan meningkatkan kapabilitas para auditor untuk nantinya melakukan  langkah-langkah strategis dalam manejemen risiko.

Baca Juga : Satreskrim Polres Blitar Ungkap Kasus Illegal Logging di Desa Doko, 4 Pelaku Ditangkap

Artinya, mereka mampu mengurangi risiko dalam setiap keputusan dan tindakan yang diambil oleh para pemangku kepentingan di lingkungan UIN Maliki Malang.

"Dengan ini tim auditor internal dapat melakukan pengawasan yang efektif, sehingga risiko dapat diminimalkan pada setiap level organisasi," katanya.

Materi penguatan dalam workshop ini juga sangat berperan penting dalam memastikan standar pencapaian terkait hak dan kewajiban dosen serta karyawan di UIN Maliki Malang.
Dalam kaitan nominalisasi gaji dan kewajiban dosen serta karyawan, sangatlah penting untuk dilakukan monitoring yang ketat. Monitoring ini tentunya memastikan kepatuhan terhadap standar yang ada dan telah ditetapkan.

"Misalnya, pelru diperhatikan apakah setiap dosen telah memenuhi kewajibannya. Sebab ini berkaitan langsung dengan hak sertifikasi dosen (serdos) mereka," jelasnya.

Selepas terlaksana kegiatan ini, pihaknya berharap adanya impact positif, dimana kemampuan auditor internal dalam memanajemen risiko dan melakukan audit sumber daya manusia lebih meningkat.

Baca Juga : Dapat Sorotan Dewan Soal PPDB, Dinas Pendidikan Banyuwangi Bakal Manfaatkan Aplikasi

"Dengan peningkatan kemampuan para auditor internal, tentu akan mendukung terciptanya lingkungan kerja yang transparan dan akuntabel di UIN Malang," pungkasnya.

Sementara itu, dalam penguatan kapasitas pengawasan internal dengan tema manajemen risiko dan audit sumber daya manusia ini, menghadirkan dua narasumber ahli yaitu Aditya Permana SE MA AK CA CPA CRMO QGIA, dan Anggun Prabowo, SAK CRMO QGIA QIA.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang Universitas Islam Negeri Malang SPI pengawasan internal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan