Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Jelang Musim Kemarau, DPU Bina Marga Jatim Mulai Bersih-Bersih Kolong Jembatan

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Nurlayla Ratri

14 - May - 2024, 18:52

Placeholder
DPU Bina Marga Jatim melakukan pembersihan kolong jembatan.

JATIMTIMES - Menjelang datangnya musim kemarau, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur (Jatim) mulai membersihkan kolong jembatan. Pembersihan tersebut merupakan kegiatan pemeliharaan rutin.

Melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Kediri, DPU Bina Marga menetapkan sejumlah sasaran pembersihan. Di antaranya, terhadap permukaan dan kolong Jembatan Ngampel di ruas Jalan Ahmad Dahlan (Link 121.13K) dan Jembatan Gayam di Ruas Jalan Gatot Subroto (Link 121.12K), sejak Senin (13/5/2024).

Baca Juga : Dosen Ini Temukan Khasiat Kamandi Saebo, Tanaman Endemik dari Pulau Madura 

Pelaksana Jembatan UPT PJJ Kediri Nyoto mengatakan, kegiatan pemeliharaan rutin ini dilakukan untuk menjaga kebersihan di area jembatan. Selain itu juga untuk meminimalkan sampah baik berupa limbah rumah tangga maupun sedimen yang berada di titik tersebut.

Dijelaskannya, pembersihan bagian kolong jembatan meliputi hanyutan material-material seperti ranting pohon dan sampah yang tertahan pada struktur jembatan. Material tersebut dikhawatirkan berpotensi mengganggu atau merusak struktur dari jembatan.

Selanjutnya, dilakukan pengerukan sedimen/endapan tanah di beberapa titik yang mengganggu aliran sungai. Tak hanya itu, pada bagian atas jembatan juga dilakukan pembersihan sedimen atau endapan tanah yang menutupi bagian pipa cucuran.

Pembersihan dilakukan hingga terlihat bagian dasar pipa. Beberapa sedimen yang masuk ke dalam badan jalan juga dibersihkan. Kemudian, tak luput pula dilakukan pembersihan rumput liar di bagian sekitar jembatan.

“Bekas pembersihan tersebut diangkut penggunakan truk untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir yang telah ditentukan,” jelasnya, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga : Ekspansi Bisnis, Bank Jatim MoU dengan Pengelola JIIPE untuk Layanan Jasa Keuangan

PPK Wilayah I Jeffri Primantyca Mujit menambahkan, kegiatan pembersihan jembatan yang dilakukan menjelang musim kemarau ini sangat efektif. Sebab, debit air sungai tidak terlalu deras sehingga proses pembersihan tidak terkendala dan bisa maksimal.

Jeffri juga berharap, kegiatan pembersihan jembatan dapat didukung dengan kepedulian masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan sungai demi mewujudkan bersih, lestari, dan sehat.

“Tentu kami berharap dukungan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan disekitar jembatan, sehingga sungai bersih akan menambah keindahan dan keasrian,” tandasnya.


Topik

Pemerintahan DPU Bina Marga Jatim pembersihan jembatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Nurlayla Ratri