Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Dosen Ini Temukan Khasiat Kamandi Saebo, Tanaman Endemik dari Pulau Madura 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

14 - May - 2024, 18:38

Placeholder
Proses penelitian yang dilakukan oleh tim dosen UMM (ist)

JATIMTIMES - Ramuan jamu sejak dulu dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain Jawa, ramuan jamu sendiri juga identik dengan masyarakat Madura. 

Di Madura, terdapat tananam endemik yang sering digunakan sebagai bahan ramuan oleh masyarakat pedesaan. Tanaman itu bernama Kamandin Saebo. Meski begitu, tanaman ini belum teruji secara ilmiah dan belum banyak juga diketahui masyarakat luas.

Baca Juga : Viral Pengantin Berkalung Uang Ratusan Ribu Hingga Dolar di Madura

Hal ini menarik perhatian dari akademisi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Elly Purwanti bersama dengan tim. Dijelaskannya, bahwa Kamandin Saebo, berupa rumput yang bernama latin Glossocardia leschenaultii (Cass.) Veldkamp. Ini merupakan tanaman yang hanya tumbuh subur di Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Madura. 

Dari penelitian ditemukan, bahwa di dalam Kamandin Saebo mengandung beragam komponen bioaktif yang bermanfaat sebagai imunomodulator. Unsur inilah yang berperan untuk meningkatkan daya imun tubuh terhadap serangan penyakit.

Tanaman ini juga kaya akan Flavonoid, utamanya yang disebut dengan zat rutin. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dasar ilmiah yang membuktikan bahwa kandungan dalam tanaman tersebut bermanfaat.

"Hasil penelitian ini memberikan dasar ilmiah mengapa penggunaan jamu efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh," terangnya. 

Proses penelitian sempat menemui beberapa kendala. Salah satunya adalah musim kemarau. Pendeteksian komponen-komponen aktif dalam tanaman tersebut terkendala sampel yang terbatas. Pada musim kemarau  ini, pengumpulan sampel Kamandin Saebo begitu sulit. 

Baca Juga : 5 Tanaman yang Cepat Hasilkan Uang, Cocok untuk Bisnis!

Penelitian ini, selain untuk mencari informasi tentang kandungan dalam tanaman tersebut, tentunya juga bertujuan sebagai bioprospeksi serta memastikan perlindungan dalam pemanfaatannya sebagai ramuan maupun dalam eksploitasi tanaman tersebut. Tentu diharapkan, pemanfaatan ekonomi yang bijaksana terhadap sumber daya genetik dapat dilakukan dengan baik.

Hasil penelitian Kamandin Saebo saat ini masih dalam proses paten. Hasil penelitian diharapkan juga mendorong standarisasi dalam pembuatan jamu tradisional. Mulai dari komposisi Kamandin Saebo yang harus terkandung dalam setiap jamu, hingga proses higienitas dan standar pembuatan lainnya yang harus dipenuhi. 

"Semoga lebih dikenal luas, tidak hanya lokal tapi juga secara global. Ini menjadi bagian dari warisan budaya dan kekayaan alam Indonesia," pungkasnya.


Topik

Kesehatan Kamandin Saebo ramuan madura



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri