Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Tingkatkan Baca Al-Quran bagi Penyandang Disabilitas Pakai Metode Amlaba, Wabup Gresik Raih Gelar Doktor 

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Yunan Helmy

14 - May - 2024, 18:34

Placeholder
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat menerima gelar doktor di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

JATIMTIMES - Pendidikan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Gresik menjadi perhatian serius. Utamanya dalam meningkatkan kemandirian belajar membaca Al-Quran.

Dalam mengimplementasikannya, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah membuat sebuah penelitian pada disertasinya untuk meraih gelar doktor program studi teknologi pendidikan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). 

Baca Juga : Dapat Sorotan Dewan Soal PPDB, Dinas Pendidikan Banyuwangi Bakal Manfaatkan Aplikasi

Disertasi itu berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Amlaba dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Membaca Al-Quran bagi Penyandang Disabilitas Tunarungu". 

Alhasil, orang nomor dua di Pemkab Gresik itu berhasil menjalani ujian terbuka dan dinyatakan lulus dengan IPK 3,97 dengan predikat sangat memuaskan.

Bu Min -sapaan akrab wabup Gresik- melakukan penelitian langsung di UPT Resource Center Gresik. Lokasi ini diambil lantaran UPT Resource Center Gresik merupakan salah satu TPA yang mengajarkan membaca Al-Quran pada penyandang tunarungu di Kabupaten Gresik.

"Melalui penelitian ini, kita ingin agar anak-anak yang berkebutuhan khusus bisa membaca Al-Quran dengan baik dan lancar dengan menggunakan metode Amlaba," ujar Bu Min, Selasa (14/5/2024).

Bu Min menyebut, metode Amlaba membuat anak-anak bisa dengan mandiri belajar Al-Quran dan tujuan akhirnya adalah meningkatnya hasil pembelajaran Al-Quran bagi mereka.

"Ini penting karena pada dasarnya belajar adalah hak bagi semua orang," imbuh wakil bupati asal Kecamatan Bungah tersebut.

Baca Juga : Ekspansi Bisnis, Bank Jatim MoU dengan Pengelola JIIPE untuk Layanan Jasa Keuangan

Disebutkan, penelitian itu dilakukan sejak Februari 2022 ini menghasilkan pengembangan model pembelajaran metode Amlaba yang berguna meningkatkan kemandirian membaca Al-Quran  bagi penyandang tunarungu.

"Hasil final dalam pengembangan model Amlaba dalam pembelajaran membaca Al-Quran anak tunarungu, yaitu dengan kategori 'sangat efektif', baik dari kualitas isi dan tujuan pembelajaran, kualitas instruksional, dan kualitas teknik model pembelajarannya. Mudah-mudahan ini bisa membantu para orang tua dan guru," jelasnya.

Keberhasilan Bu Min ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Termasuk Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil, dan jajaran kepala OPD serta para camat hadir untuk memberikan dukungan.

"Selamat dan sukses untuk Ibu Wakil Bupati. Beliau menjadi keteladanan bagi kita semua. Beliau mampu menuntaskan pendidikan S3. Harapannya, hasil penelitian Bu Wabup ini bisa ditindaklanjuti bersama perbup terkait baca tulis Al-Quran sehingga dalam penerapannya bisa membantu pembelajaran bagi anak-anak kita," kata Bupati Yani.


Topik

Pendidikan Wabup Gresik baca Al-Quran metide Amlaba Aminatun Habibah baca Al-Quran bagi tunarungu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Yunan Helmy