Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Viral Pengantin Berkalung Uang Ratusan Ribu Hingga Dolar di Madura

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

14 - May - 2024, 17:53

Placeholder
Pengantin yang banjir kalungan uang di Madura. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Setiap pasangan pasti mendambakan momen pernikahan yang sesuai dengan harapan mereka. Jika bisa lebih dari harapan, tentu hal itu menjadi sebuah kebahagiaan yang luar biasa. 

Salah satunya seperti yang dialami pengantin di Madura ini. Di hari pernikahannya, keduanya dibanjiri kalungan uang dari ratusan ribu hingga dolar. 

Baca Juga : Ngeluh UKT Mahal, Mahasiswa UB Bakal Demo Malam Ini

Momen pernikahan tersebut dibagikan akun Instagram @infomdr. Dalam video yang dibagikan, para tamu undangan satu per satu mengalungkan uang yang telah dirangkai. 

Pecahannya beragam, mulai dari Rp2 ribu, Rp5 ribu, hingga Rp50 ribuan. Bahkan informasinya ada yang menggunakan mata uang dolar. Saking banyaknya uang tersebut hingga terlihat menggunung hingga nyaris menutupi pasangan pengantin. 

Video yang memperlihatkan pasangan pengantin dikalungi uang tersebut berasal dari Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. 

Momen pernikahan banjir kalungan uang itupun menuai beragam komentar warganet yang melihatnya. 

"Madura bener2 kayak negeri dongeng," Komen @gaze****.

"Hasil punya warung kalo tutup kiamat aja," Ujar @jung****.

"Khas Madura," Kata @iis****.

Diketahui, aksi mengalungkan uang pada pengantin tersebut memang sudah menjadi tradisi di sebagian wilayah Madura. 

Pecahan uang yang dirangkai pun beragam, mulai dari paling kecil Rp2 ribu, hingga ada juga yang memakai mata uang asing. 

Baca Juga : Mengenal Sosok Mbah Trimo yang Kabarnya Wakafkan Masjid Rp10 M dan 12 SPBU

Tradisi seperti ini tidak hanya terjadi di Madura. Namun tradisi serupa juga terjadi di Banten dengan nama tradisi Paculan. Paculan diartikan sebagai simbol suka cita, sekaligus hadiah untuk kedua pengantin.

Tradisi paculan lazim dilaksanakan untuk memeriahkan resepsi di dalam sebuah pernikahan. Paculan akan dimulai dengan memasangkan kalung uang kepada kedua mempelai oleh anggota keluarga mereka. Paculan saat ini masih terus dilestarikan oleh warga di wilayah Kecamatan Jawilan dan sekitarnya, sebagai upaya membuka pintu rezeki bagi para pengantin. 

Selanjutnya, tradisi Paculan juga diartikan sebagai cara untuk menghindari kesulitan rezeki dari mempelai, termasuk anggota keluarga mereka. Secara bahasa Paculan merupakan kegiatan menyawer pengantin.

Paculan akan dilangsungkan saat seluruh rangkaian pernikahan dengan adat Sunda sudah dilaksanakan. Waktunya bisa sore ataupun malam hari, tergantung kesepakatan dari sang empunya hajat.

Biasanya, Paculan akan dimulai dengan pemanggilan pengantin ke atas panggung untuk duduk menghadap ke tamu. Kemudian perwakilan dari kedua belah pihak ikut mendampingi dan mulai memasangkan kalung uang ke kedua mempelai.

Setelah uang terpasang, sesepuh adat akan mendoakan agar keduanya bahagia hingga akhir waktu. Terakhir, keluarga langsung menebar uang (sawer) kepada kedua belah pengantin sebagai bentuk rezeki yang terus tercurah. Tak jarang kedua pengantin sampai tenggelam di uang yang disawer.


Topik

Peristiwa Madura paculan pengantin tradisi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri