Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Lakukan Monev DD-ADD Desa Jubung, Camat Sukorambi: Bagian dari Pengawasan

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Nurlayla Ratri

14 - May - 2024, 17:37

Placeholder
Jajaran Pemdes Jubung Sukorambi saat apel dalam acara Monev DD - ADD (foto : istimewa)

JATIMTIMES - Camat Sukorambi Kabupaten Jember Asrah Joyo Widono, Selasa (14/5/2024) melakukan Monev (Monitoring dan Evaluasi) terhadap DD-ADD (Dana Desa dan Alokasi Dana Desa) Pemerintah Desa Jubung.

Asrah menyatakan, bahwa monev pengunaan DD-ADD, merupakan bagian dari pengawasan yang dilakukan jajarannya. Khususnya terhadap peruntukkan DD-ADD. Selain itu, monev juga bagian dari persyaratan untuk pencairan DD-ADD tahap dua.

Baca Juga : Sambut Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Camat Sukorambi Gelar Rakor

"Monitoring ini bagian dari menjalankan fungsi pengawasan kami, terhadap penyaluran DD dan ADD di desa. Apakah sudah sesuai peruntukkannya, apakah sesuai dengan APBDes, dan RAB. Karena camat merupakan pembina terhadap kepala desa," ujar Asrah.

Asrah menjelaskan, bahwa pencairan DD-ADD tahap 1, untuk desa Mandiri sebesar 60 persen. Di wilayahnya, sudah ada 5 desa yang masuk kategori desa Mandiri.

"Dari dana yang sudah turun ini, kami melakukan pengecekan, apakah sudah diperuntukkan sesuai RAPBDes atau belum. Dan penyerapan anggaran, sudah harus mencapai minimal 60 persen, baik itu untuk proyek fisik maupun lainnya," ujar Asrah.

Untuk Desa Jubung sendiri, Asrah mengaku cukup puas atas capaian yang sudah dilakukan. Dari 2 proyek yang direncanakan dalam APBDes, sudah terserap lebih dari 60 persen. Bahkan proyek jalan dan rehab Balai Desa, mencapai 100 persen.

"Hanya ada proyek lapen yang pencapaiannya masih 40 persen. Kami memaklumi, karena memang masih tahap penggalian," jelasnya.

Baca Juga : Soal Water Treatment Plant, Pj Wali Kota Malang Minta Proses Lebih Cepat

Sementara Kepala Desa Jubung, Bhisma Perdana, ditemui wartawan menyatakan bahwa pencapaian penyerapan DD - ADD desanya tidak lepas dari kerja keras tim (jajarannya) yang sudah sesuai perencanaan.

"Kuncinya disiplin dan tidak keluar dari perencanaan, tapi juga diimbangi kinerja tim yang solid dan kompak. Sehingga program-program desa berjalan sesuai koridor," pungkas Bhisma (*)


Topik

Pemerintahan Jember dd add dana desa desa jubung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Nurlayla Ratri