Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Dispendik Kabupaten Malang Bantu Pelajar SD yang akan ke Swedia Ikuti Gothia Cup 2024

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

14 - May - 2024, 14:54

Placeholder
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (2/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang berkomitmen membantu para pelajar yang berprestasi. Salah satunya untuk Dimas Yogi Pratama yang pada Juli 2024 nanti akan berangkat menuju Gothenburg, Swedia untuk mengikuti kompetisi Gothia Cup 2024 bersama Skuad Barati (Bangga Merah Putih) Mendunia. 

Kepala Dispendik Kabupaten Malang Suwadji menyampaikan, bahwa sosok Dimas Yogi Pratama siswa SDN 3 Pulungdowo Tumpang ini merupakan wujud dari potensi dan aset Kabupaten Malang yang harus terus dibina serta dikembangkan. 

"Ini prestasi yang membanggakan dan tentunya kami akan memberikan apresiasi dan dukungan," ujar Suwadji kepada JatimTIMES.com, Selasa (14/5/2024). 

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang ini mengatakan, pengembangan potensi ini juga merupakan implementasi dari kurikulum merdeka di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Malang. 

"Tentunya di kurikulum merdeka ini kan pengembangan minat dan bakat dari siswa itu terus dipacu oleh guru dan setiap sekolahan," ungkap Suwadji. 

Pejabat kelahiran Kabupaten Ngawi 58 tahun lalu ini menuturkan, dengan penerapan kurikulum merdeka tersebut, potensi seperti yang dimiliki oleh Dimas Yogi Pratama ini akan terus didukung oleh semua pihak, terutama pihak sekolah. 

"Sehingga Dimas ini kan memiliki potensi yang sangat besar dan prestasi di sepak bola, sekolahan tentunya harus mendukung. Pak Bupati juga memberikan apresiasi dan dukungan dan tentunya nanti bisa mengharumkan nama daerah Kabupaten Malang," terang Suwadji. 

Selain itu, menurut Suwadji, prestasi yang diraih oleh Dimas Yogi Pratama ini bisa menginspirasi para pelajar Kabupaten Malang lainnya, di masing-masing bidang minat dan bakat yang ditekuni. 

"Dimas ini kan bisa menginspirasi para pelajar yang lain untuk mengembangkan minat bakatnya. Sehingga kalau sudah profesional kan bisa menembus tingkat nasional dan internasional," ujar Suwadji. 

Pihaknya mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil diraih Dimas. Pasalnya, Dimas merupakan satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Malang yang berhasil masuk menjadi Skuad Barati kelompok umur 12 tahun yang berjumlah 14 orang. 

Di mana Dimas sendiri telah melalui seleksi bersama 704 pelajar lainnya dari beberapa provinsi di Indonesia hingha bisa lolos 14 besar dan terpilih untuk berkompetisi di Gothia Cup 2024 di Gothenburg, Swedia. 

Sementara itu, disinggung mengenai bentuk apresiasi dan dukungan yang diberikan oleh Dispendik Kabupaten Malang, Suwadji mengatakan bahwa Dispendik Kabupaten Malang akan menjamin Dimas dapat masuk di SMPN 1 Tumpang dengan jalur prestasi. 

"Tentunya nanti walaupun dia aktif di sepak bola, kan dia kelas 6 mau masuk SMP nanti akan diberikan kemudahan masuk di SMPN 1 Tumpang dengan jalur prestasi," kata Suwadji. 

Selain itu, pihaknya juga menjamin terkait dengan biaya akomodasi serta kebutuhan selama PP Malang-Jakarta akan ditanggung oleh Dispendik Kabupaten Malang. 

"Saat keberangkatan ke Swedia untuk transit di Jakarta, kami akan membantu. Dispendik nanti membantu biaya transportasinya, Pak Bupati juga membantu uang saku untuk Dimas," pungkas Suwadji.


Topik

Pendidikan dispendik kabupaten malang dimas yogi pratama pelajar berprestasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana