Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Penguatan Spiritualitas, Unisma Gelar Khotmil Quran Bersama Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

14 - May - 2024, 14:44

Placeholder
Unisma Gelar Khotmil Quran Bersama Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab  (ist)

JATIMTIMES -  Penguatan spiritulitas di kalangan sivitas akademika dan sekitarnya terus dilakukan Universitas Islam Malang (Unisma) melalui kegiatan keagamaan rutin. Salah satunya melalui gelaran Khotmil Quran bersama dengan Majelis Sema'an Al-Quran dan Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab, di Masjid Ainul Yaqin, Senin (13/5/2024) malam. 

Kegiatan rutin tersebut dihadiri langsung Agus Sabuth Panoto Projo atau Gus Sabuth sebagai penerus dan penanggungjawab Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab, serta ratusan jamaah dari Malang Raya. 

Baca Juga : Beredar Hasil Tes DNA Habib Jafar di Medsos: Paling Dominan dari Inggris, Benarkah? 

Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi mengatakan, ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Unisma. Beruntunglah umat Islam, dimana Allah SWT menurunkan dan mewariskan Kitab suci Al-Qur'an kepada Baginda Rasul dan juga para umatnya. 

"Ketika kita terpilih, maka bagaimana kita bisa menjaga Al-Qur'an itu dengan baik. Jadi sebaik-baiknya manusia, dalam sebuah hadist kalau bisa 1 bulan kita bisa khatam Al-Qur'an," ungkapnya. 

1

Lebih lanjut disampaikan Masykuri, bahwa terdapat 4 golongan yang memang dirindukan surga. Dan salah satu golongan itu adalah mereka yang membaca Al-Qur'an. Melalui momen ini, tentunya semakin menguatkan. Disini bukan hanya diajarkan membaca lafadz Al-Qur'an, namun juga tentang makna yang terkandung didalamnya.

Lebih dari itu, para jamaah yang hadir dalam mejelis ini merupakan orang-orang yang dermawan. Dermawan dalam hal ini bukan hanya dalam konteks uang. Tetapi  juga waktu ataupun hal lainnya. 

"Hadir dalam mejelis ini disini juga bisa menjadi bentuk kedermawanan, kita menyempatkan waktu dengan kegiatan positif, kita dekat dengan Allah dan jauh dari api neraka," katanya.

Baca Juga : Dispendik Kabupaten Malang Respons Gerakan Stop Study Tour: Kita Evaluasi

Sementara Gus Sabuth dalam tausiyahnya menyampaikan, untuk menjadi manusia yang baik. Jauhkan diri dalam diri manusia. Seseorang perlu membentengi diri dari rasa hasud, dengki dan iri. Rasa ini tentunya akan mengacaukan berbagai hal. 

"Ketika tidak cocok dengan satu orang, maka itu untuk diri sendiri saja, jangan ajak untuk orang lain juga ikut membenci. Jangan kita juga membicarakan orang lain (ngrasani)," tegasnya.


Topik

Pendidikan unisma rektor unisma khotmil quran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana