Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Layak Ditiru, Begini Cara Singapura Memerangi Diabetes agar Tak Diidap Warganya

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 08:26

Placeholder
Program Nutri Grade di singapura, jadi setiap minuman memiliki grade A-D untuk mengetahui kadar gula dan lemaknya. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Sederhana tapi sangat bermanfaat. Itulah yang bisa menggambarkan program Nutri Grade di Singapura, yakni usaha negara memikirkan kesehatan warganya agar tak terjangkit diabetes. 

Melansir dari unggahan video @stephaniedw_nini, sejak tahun 2016, Singapura mewajibkan setiap perusahaan atau penjual untuk memasang label ‘Nutri Grade’ pada minuman yang dijual. Di label itu terdapat huruf A, B, C dan D yang menunjukkan kadar gula serta lemak jenuh per-100ml di kemasan minuman. 

Baca Juga : Raker Rebranding Program Unggul Menuju Reputasi Internasional, Rektor UIN Malang Beri Arahan Strategis

"Nilai A menyatakan minuman tersebut memiliki kadar gula dan lemak jenuh yang rendah, sedangkan nilai D kadarnya paling tinggi dan bisa memicu diabetes," jelas stephaniedw_nini. 

Bahkan untuk grade D, kata Stephanie, produknya tidak boleh diiklankan di semua media. Program Nutri Grade yang diterapkan Singapura ini dilatarbelakangi adanya proyeksi yang menunjukkan bahwa ada 1 juta penduduk Singapura yang mengidap diabetes di tahun 2050. Di mana total penduduk di Singapura mencapai 6 juta orang. 

"Pemerintah tak melarang peredaran minuman-minuman tersebut. Namun dengan dipasangnya label Nutri Grade diharapkan pembeli lebih bijak dalam memilih minuman. Karena pembeli sudah tau mana kadar gula dan lemak jenuh paling tinggi hingga rendah," ujar Stephanie. 

Ada beberapa minuman yang ditunjukkan Stephanie memiliki kadar gula A hingga D. Di antaranya, Nescafe Gold original di grade C, Yakult di grade D, Milo bubuk grade B, dan lainnya. 

Baca Juga : Persiapan Popda Jatim 2024, Dispora Banyuwangi Bakal Undang Cabor dan Stakeholder Terkait

Demikian program Nutri Grade yang dimiliki Singapura untuk meminimalisir penyakit diabetes warganya. Bagaimana dengan Indonesia, apakah perlu punya program demikian?


Topik

Kesehatan Diabetes nutri grade Singapura atasi diabetes



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya