Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Berikut Adalah 7 Produk Bitcoin ETF yang Bisa Dibeli Investor

Penulis : Redaksi - Editor : Redaksi

13 - May - 2024, 17:44

Placeholder
Bitcoin

Harga Bitcoin saat ini sedang menjadi bibir hangat banyak orang di dunia, yang memang kembali mencetak rekor harga baru di awal tahun ini setelah periode waktu dimana harga sempat sangat lesu

Bisa dikatakan bahwa salah satu alasan dibalik kenaikan ini adalah rilisnya produk exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot yang membuka ruang baru untuk investasi kripto bagi orang awam tanpa perlu harus berhadapan dengan platform jual-beli kripto. Adapun tujuh produk ETF yang saat ini sudah bisa dibeli oleh para investor yang memiliki akses ke pasar saham Amerika Serikat adalah berikut ini.

Baca Juga : Apa itu World Water Forum 2024 yang Akan Diselenggarakan di Bali? Ini Jadwal, Isu dan Negara Mana Saja yang Hadir

1. ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB)

ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) adalah produk investasi yang dirancang untuk melacak kinerja Bitcoin dengan menggunakan CME CF Bitcoin Reference Rate. Produk ETF Bitcoin spot ini disponsori oleh 21Shares, perusahaan yang menyediakan produk mata uang kripto dalam bentuk exchange-traded product (ETP) dan ETF. Ark Investment Management berperan sebagai penasihat—yaitu firma manajemen investasi yang dikenal dengan fokusnya pada inovasi dan teknologi disruptif di sektor-sektor seperti kecerdasan buatan, rekayasa genetika, dan blockchain. 

Biaya manajemen yang dikenakan untuk produk ETF ini sebesar 0,21% dan investor diberikan kesempatan untuk mendapatkan bebas biaya manajemen selama enam bulan pertama sejak waktu rilis produk atau apabila nilai dana yang dikelola dalam aset mencapai $1 miliar. 

2. Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC)

Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) adalah produk ETF Bitcoin spot yang dirilis oleh Fidelity Management, perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, yang mengelola dana sebesar $4,7 triliun. Fidelity sebenarnya lebih terkenal dengan aset-aset seperti reksa dana, dana pensiun, dan jasa seperti wealth management, walau sejak tahun 2014, Fidelity memang sudah melakukan lebih dahulu secara aktif melakukan riset mendalam mengenai potensi Bitcoin sebagai aset yang dapat ditawarkan untuk klien mereka.

Adapun biaya manajemen untuk produk ETF ini sebesar 0,25% dan pembelian hingga tanggal 1 Agustus 2024 tidak dikenakan biaya apapun.

3. Bitwise Bitcoin ETF (BITB)

BITB, singkatan dari Bitwise Bitcoin ETF, menyediakan akses berbiaya rendah ke Bitcoin melalui ETF yang dikelola secara profesional. ETF Bitcoin spot ini didukung oleh para ahli mata uang kripto yang berpengalaman dan rekam jejak Bitwise selama enam tahun dalam mengelola aset kripto untuk investor institusional terkemuka. BItwise Asset Management sendiri adalah perusahaan manajemen investasi aset kripto terbesar di Amerika Serikat. 

Serupa dengan ARKB, Bitwise tidak mengenakan biaya untuk investor yang membeli produk BITB selama enam bulan pertama sejak waktu rilis produk atau hingga total aset yang dikelola nilainya mencapai $1 miliar. Namun, biaya manajemen yang dikenakan lebih rendah yakni di 0,20%.

4. Grayscale Bitcoin Trust (GBTC)

Grayscale Investments adalah perusahaan manajemen investasi kripto terbesar di dunia. Perusahaan ini merupakan salah satu investor level institusi yang memegang aset Bitcoin terbanyak di dunia. Maka dari itu, tak aneh jika Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi salah satu produk ETF Bitcoin spot dengan pengelolaan dana tertinggi dibandingkan dengan produk lainnya. Per April 2024, AUM GBTC sudah mencapai $21 miliar. Biaya manajemen produk ETF Bitcoin spot ini jauh lebih tinggi dibandingkan produk ETF Bitcoin lainnya di artikel ini, yakni di angka 1,5%.

GBTC bukanlah produk ETF Bitcoin yang pertama kali dikelola oleh Grayscale Investments. Perusahaan ini juga memiliki produk ETF Bitcoin futures bernama Grayscale Future of Finance (GFOF). 

Baca Juga : Harga Bawang Impor Naik, Ada yang Tembus Sejuta Persak

5. VanEck Bitcoin Trust (HODL)

VanEck Bitcoin Trust, yang dikenal juga sebagai HODL, merupakan sebuah ETF Bitcoin spot yang bertujuan untuk mencerminkan kinerja harga Bitcoin. Produk ini dikelola oleh VanEck, firma manajemen investasi global yang dikenal baik di dunia keuangan untuk pengalamannya dengan produk-produk ETF, termasuk yang non-kripto. Selain itu, VanEck juga dikenal sebagai salah satu perusahaan manajemen investasi pertama yang membuka peluang investasi emas dan saham luar negeri yang masuk ke kategori growth.

Sebagaimana kebanyakan produk Bitcoin ETF pada artikel ini, VanEck membebaskan biaya manajemen hingga dana yang dikelola mencapai $1,5 miliar atau hingga tanggal 31 Maret 2025. Setelah salah satu dari persyaratan tersebut dipenuhi, investor akan dikenakan biaya manajemen sebesar 0,20%. 

6. Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO)

Invesco adalah salah satu perusahaan manajemen investasi Amerika terbesar di dunia dengan kantor cabang di lebih dari 20 negara. Bahkan, perusahaan ini sudah go public dan terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE). Invesco turut terlibat sebagai salah satu institusi yang menawarkan produk Bitcoin ETF spot, dengan Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO). 

Pembelian produk BTCO dikenakan biaya manajemen sebesar 0,25% walau pada saat ini periode promo masih berlaku dimana pembelian BTCO bebas biaya selama enam bulan pertama sejak tanggal rilis produk atau hingga dana dikelola mencapai $5 miliar.

7. Franklin Templeton Digital Holdings Trust (EZBC)

Serupa dengan Invesco, Franklin Templeton adalah salah satu firma manajemen investasi terbesar di dunia yang beroperasi secara global dan juga sudah menjadi perusahaan publik yang terdaftar di NYSE. Perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 1947 ini dikenal dengan produk-produk seperti reksa dana dan ETF, walau memang perusahaan ini tidak terlalu fokus pada aset Bitcoin sebagaimana Grayscale Investments. 

Meskipun begitu, penawaran Franklin Templeton Digital Holdings Trust (EZBC) adalah salah satu yang paling menarik, karena biaya manajemennya adalah yang paling rendah sejauh ini di 0,19%. 


Topik

Ekonomi Bitcoin etf



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Redaksi

Editor

Redaksi