Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Bantu Peserta Pelatihan Barista Kembangkan Usaha

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

13 - May - 2024, 21:52

Placeholder
Sekretaris Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Wahyu Setiawan saat ditemui usai memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan barista di Hotel Gajahmada Graha, Senin (13/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang akan membantu para peserta pelatihan barista untuk mengembangkan keterampilan dan usaha yang nantinya akan dirintis. 

Sekretaris Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Wahyu Setiawan menyampaikan, pelatihan barista masuk ke dalam program Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos-P3AP2KB Kota Malang. 

Baca Juga : Diskominfo Jatim Terbitkan Ratusan Peringatan Gangguan Siber, 80 Persen dari Judi Online

Untuk rencana kerja lanjutan, Dinsos-P3AP2KB  meminta kepada tim dari bidang pemberdayaan sosial untuk melakukan monitoring dan evaluasi atau monev terhadap 30 anggota karang taruna Kota Malang yang mengikuti pelatihan barista sejak Senin (13/5/2024) hingga nantinya berakhir pada Jumat (17/5/2024).

"Setelah pelatihan, teman-teman bidang pemberdayaam sosial Dinsos-P3AP2KB Kota Malang bisa melakukan suatu monitoring dan evaluasi," ungkap Wahyu, Senin (13/5/2024). 

Wahyu menyebut pelatihan barista ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 10 kelurahan di lima kecamatan di Kota Malang. Satu tim kelurahan yang berisikan tiga orang peserta nantinya selepas pelatihan akan mendapatkan alat pengolah kopi serta bahan baku membuat kopi secara gratis dari Dinsos-P3AP2KB Kota Malang.

Menurut Wahyu, hal itu merupakan komitmen dari Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dalam memberdayakan masyarakat agar memiliki keterampilan yang dapat dijadikan modal menangkap peluang usaha. 

"Nantinya jika ada kendala, teman-teman peserta bisa berkonsultasi dengan teman-teman di bidang pemberdayaan sosial," ujar Wahyu. 

Lebih lanjut, selain terus mengasah keterampilan yang diperoleh dari pelatihan barista, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang juga siap membantu memfasilitasi para anggota karang taruna di masing-masing kelurahan yang mengikuti pelatihan barista untuk menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan para pemangku wilayah, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan. 

Baca Juga : Persiapan Popda Jatim 2024, Dispora Banyuwangi Bakal Undang Cabor dan Stakeholder Terkait

"Nanti kita akan kolaborasi juga teman-teman di wilayah, baik lurah, camat. Gunanya, bilamana ada tanah kosong yang mungkin punyanya pemerintah daerah dan bisa dimanfaatkan oleh teman-teman ini, ya alhamdulillah," jelas Wahyu. 

Sementara itu, pihaknya menyebut bahwa para anggota Karang Taruna merupakan ujung tombak Dinsos-P3AP2KB Kota Malang di tengah-tengah masyarakat. Maka, pihaknya berharap para anggota karang taruna bisa lebih baik lagi dan bisa semakin berkembang. 

"Jadi, kita ingin Karang Taruna bisa menjadi ujung tombak biar bisa dilihat, bukan hanya di Kota Malang, tapi untuk Kota Malang, Indonesia dan dunia," pungkas Wahyu.
 


Topik

Pemerintahan Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Kota Malang pelatihan barista karang taruna



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy