Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

207 Calon Jemaah Haji Kota Batu Berangkat ke Tanah Suci, Diiringi Tangis Sanak Keluarga

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

13 - May - 2024, 21:43

Placeholder
Calon jemaah haji saat berpelukan dengan keluarga di halaman Masjid Sultan Agung. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Air mata mengalir mengiringi calon jemaah haji (CJH) yang hendak masuk ke dalam bus yang akan mengantar mereka menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, di halaman Masjid Sultan Agung Kota Batu, Senin (13/5/2024). 

Sejak sore hari,halaman Masjid Sultan Agung sudah dipadati dengan para sanak keluarga dan kerabat yang hendak melepas para calon jemaah haji Kota Batu itu. Mereka  mendoakan para CJH agar lancar dan kembali ke Kota Batu dalam keadaan sehat.

Baca Juga : Dapat Hibah Tanah dan Uang dari Pemprov Jatim, DPD RI Bangun Kantor di Surabaya

Usal salat Magrib, mereka masuk ke dalam bus. Sanak keluarga pun berusaha memberikan ciuman hingga pelukan hangat. Kata-kata ‘hati-jati’ dan ‘jaga kesehatan’ tak henti-hentinya diucapkan kepada para calon jemaah haji.

Total ada 207 jemaah haji Kota Batu yang masuk dalam kloter 14. Rinciannya  144 orang dari Kota Batu dan 63 orang dari Kabupaten Malang. Terdapat 2 lendamping haji daerah (PHD) dari Pemerintah Kota Batu dan Kanwil Kemenag serta 3 orang tenaga medis.

Mereka berangkat menggunakan 5 bus. Kemudian pada tanggal 14 Mei 2024, mereka menuju ke Tanah Suci.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu Machsun Zain berpesan  selama 40 hari di Tanah Suci, para jemaah selalu menyelipkan niat  beribadah. Kemudian  peduli menjaga jemaah lainnya  karena tidak semuanya muda.

“Karena gak semua muda tapi ada juga yang sepuh (lansia). Lalu tidak perlu ke luar ruangan jika tidak perlu karena cuaca panas,” imbuh Machsun Zain.

Baca Juga : Sempat Datang Tak Bawa Berkas, Jalur Perseorangan Pilkada Kota Batu Akhirnya Nihil

Para calon jemaah juga diwanti-wanti untuk tidak berswafoto atau mengambil gambar video di tempat yang dilarang. “Jangan sekali-kali mengambil dokumentasi foto dan video. jangan,” tambah Machsun Zain.

Selain itu,  tidak mengambil barang milik lain. Jika didapati ada barang yang terjatuh, lebih baik diserahkan kepada petugas. Bisa saja itu sebuah godaan para jemaah haji.

Bahkan para calon jemaah haji dilarang menerima tamu di kamar hotel, hanya diperbolehkan  di lobi. Machdun juga berpesan agar jemaah menjaga fisik. Sebab, cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Karena itu penting menjaga fisik dengan makan yang cukup, minum yang cukup, dan vitamin juga harus diminum. Apalagi, haji adalah ibadah fisik.


Topik

Peristiwa CJH Kota Batu calon jemaah haji berangkat haji Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy