Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Lingkungan

Demi Kota Layak Anak, DLH Kota Malang Siapkan Taman Anak

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

13 - May - 2024, 19:34

Placeholder
Momen Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat bermain bersama anak-anak di Alun-Alun Kota Malang. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang  serius menggarap status kota layak anak. Dalam hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) turut ambil bagian.

Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya mengatakan bahwa sinergitas sangat dibutuhkan untuk memperoleh predikat kota layak anak. Sedangkan pengampu predikat kota layak anak adalah Dinsos-P3AP2KB Kota Malang.

Baca Juga : Mendesak, Perda Kota Malang Layak Anak Segera Disahkan

“Beberapa sinergitas terkait kota layak anak dalam hal ini dari Dinsos-P3AP2KB. Memang DLH melibatkan beberapa peran sertanya seperti penyediaan sarana prasarana umum,” kata Rahman, Senin (13/5/2024).

Dalam hal ini, DLH Kota Malang menaungi sejumlah taman yang di dalamnya ada berbagai macam fungsi untuk anak. Dan hal itu juga menjadi salah satu persyaratan untuk memperoleh predikat kota layak anak.

“Ada macam-macam taman bermain yang kami secara fungsi bisa digunakan area bermain untuk anak. Seperti taman bermain ada di Taman Merbabu, Alun-Alun Kota Malang, taman baca di Pattimura, taman inklusi di Taman Slamet, Trunojoyo taman baca, dan beberapa taman lainnya yang dalam konsep ke depan juga mengedepankan secara tematik mendukung sarana prasarana,” beber Rahman.

Di sisi lain, DLH Kota Malang juga menerima masukan dari masyarakat. Yakni terdapat taman di dekat lapangan Taman Gayam yang akan dijadikan taman inklusi.

Namun  dalam hal ini, DLH Kota Malang masih akan melihat kembali rencana tersebut. Sebab, pada tahun 2024 ini tidak ada rencana pembangunan yang dilakukan.

Baca Juga : Silaturahmi Bersama IGTKI Kota Kediri, Zanariah: Pendidikan Harus Berikan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Peserta Didik

“Rencana kemarin dekat Taman Gayam itu. Diharapkan di sana menjadi taman inklusi dan sebagai dukungan sarana prasarana khusus untuk bermain anak, mengingat lokasi tersebut masih di areal pemukiman,” beber Rahman.

“Harapan  warga kepada Pemkot Malang bahwa sarana prasarana pendukung itu diadakan di sana. Untuk pembangunan pada tahun 2024 ini belum ada. Yang ada hanya sifatnya pemeliharaan swakelola,” tukas Rahman.


Topik

Lingkungan Kota layak anak DLH Kota Malang Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang taman untuk anak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy