Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Sesuai Janji, Hari Ini Dinas PU Bina Marga Mulai Perbaiki Jembatan Landungsari-Dau

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

13 - May - 2024, 19:27

Placeholder
Tampak alat berat excavator sedang melakukan pengerukan jalan jembatan di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Senin (13/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sesuai janjinya beberapa waktu lalu, pada hari ini Senin (13/5/2024) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang memulai kegiatan perbaikan jalan dan jembatan yang ambrol. Tepatnya di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Kepala DPUBM Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma menyampaikan, bahwa untuk perbaikan jalan dan jembatan di Jalan Tirto Taruno sudah sesuai dengan jadwal. Jembatan ini menghubungkan Dusun Klandungan dan Dusun Bendungan.

Baca Juga : Mudahkan Masyarakat, Dinas PU Bina Marga Buat Jalur Alternatif di Lokasi Perbaikan Jembatan Landungsari Dau

"Sesuai dengan instruksi Bapak Bupati, setelah tanda tangan kontrak kerja pada Senin (6/5/2024) lalu, kami mulai perbaikan hari ini Senin (13/5/2024). Memang sudah kami jadwalkan," ungkap pria yang akrab disapa Oong kepada JatimTIMES, Senin (13/5/2024).

Oong menyebut, bahwa sejak awal untuk perbaikan jembatan di Jalan Tirto Taruno memang sudah terjadwal dengan baik. Yakni mulai dari penanda tanganan kontrak kerja pada Senin (6/5/2024), kemudian kegiatan uitzet atau pengecekan kondisi lapangan bersama semua pihak terkait pada Rabu (8/5/2024). Lalu dilanjutkan kegiatan pertemuan dengan para pemangku wilayah setempat serta tasyakuran kecil-kecilan pada Kamis (9/5/2024).

Pihaknya mengatakan, bahwa untuk perbaikan jembatan memang memiliki kompleksitas tinggi. Idealnya untuk pengerjaan perbaikan jembatan membutuhkan waktu selama lima sampai enam bulan dengan bentang enam meter.

Perbaikan jembatan tirto taruno.

Untuk perbaikan jembatan di Jalan Tirto Taruno tersebut, APBD Kabupaten Malang Tahun Anggaran (TA) 2024 yang telah dialokasikan sebesar Rp 514.579.000. Nilai ini sesuai dengan kesepakatan kontrak kerja antara Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang dengan pihak rekanan yang mengerjakan perbaikan jembatan tersebut.

"Untuk pengerjaan jembatan Tirto Taruno Landungsari Dau kalau pagunya sekitar Rp 650 juta, setelah hasil lelang turun dan nilai kontrak menjadi Rp 514.579.000," tutur Oong.

Nantinya, untuk perbaikan jembatan di Jalan Tirto Taruno, pihaknya akan menggunakan balok pabrikasi di bawah plat yang akan dicor di lokasi jembatan dengan bentang enam meter.

"Nanti kami pakai balok pabrikasi bentang 6, terus sumuran pondasi kita cor di tempat, plat kita cor di tempat. Bukan balok girder yang bentangnya panjang. Ini balok-balok di bawah plat itu yang kita pabrikasi," kata Oong.

Baca Juga : Harlah IV, FJN Gelar Tahlil untuk Rizal Ramli, Gus Aam, dan Sahabat Brury

Lebih lanjut, dalam perbaikan jembatan di Jalan Tirto Taruno pihaknya juga akan memperpanjang jembatan dengan bentangan enam meter. Hal itu dilakukan untuk memperkokoh kondisi jembatan agar tidak ambrol seperti pada November 2023 lalu.

"Panjangnya kita tarik. Panjang bentangnya kalau kemarin kan 4 meter, lah ini kita tarik satu meter, satu meter mundur, jadi 6 meter. Jadi pondasinya itu nggak langsung dibibir sungai, supaya tidak tergerus," ujar Oong.

Sementara itu, sesuai dengan kontrak kerja dengan pihak rekanan, jembatan di Jalan Tirto Taruno akan selesai dalam 180 hari atau sekitar enam bulan. Namun, Oong meminta dukungan dan doa dari semua pihak agar perbaikan jembatan bisa selesai sebelum waktu sesuai di kontrak kerja.

"Saya targetkan, kalau dari kontrak kerja kan 180 hari atau 6 bulan, tapi kami insya allah kami optimis 5 bulan selesai. Doakan bisa selesai," pungkas Oong.


Topik

Pemerintahan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma jembatan tirto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri