Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Tekno

Ingin Jadi Konten Kreator? 5 Aplikasi Editing Video Ini Gratis dan Praktis

Penulis : Kristian Armando Purnama Sama - Editor : Nurlayla Ratri

13 - May - 2024, 19:00

Placeholder
Gambar 5 logo aplikasi editor video. (Sumber foto: Google)

JATIMTIMES - Di era digital ini banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi konten creator karena bisa mendapat banyak benefit. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengubah hobi atau minat pribadi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. 

Kegiatan utama menjadi konten kreator adalah seperti merencanakan tema, menulis, mengedit, dan mempublikasikan konten mereka. Untuk memaksimalkan konten, riset topik hingga editing sangat penting. Karena 

Baca Juga : Bayar Tilang Pakai M-banking, Polisi Ini Malah Minta Bukti Cetak

Bahkan, editing yang baik bisa sangat mendukung keberhasilan konten. Berikut ada 5 aplikasi mengedit video yang mudah dan tentunya memiliki fitur gratis.

1. Capcut

CapCut adalah aplikasi pengeditan video gratis yang memungkinkan pengguna dengan cepat mengubah video ponsel cerdas mereka menjadi konten berkualitas profesional. Fitur-fiturnya yang mudah digunakan termasuk pemotongan, penyesuaian kecepatan, pembalikan, integrasi musik, stiker, teks, dan banyak lagi. 

CapCut menawarkan intuitive interface yang membuat pengeditan video menjadi mudah. Kamu dapat membuat video secara efisien, termasuk memisahkan dan menggabungkan klip, menyesuaikan format video, mengubah ukuran kanvas, mengubah kecepatan pemutaran, dan bahkan membalikkan klip. 

Selain kamu bisa mengedit video kamu sendiri, kamu juga bisa menggunakan berbagai template video yang tersedia pada aplikasi. Yang paling utama Capcut sudah otomatis terhubung dengan allikasi Tiktok sehingga video editanmu bisa langsung diunggah. Namun, tetap bisa kamu simpan jika ingin mengunggahnya di platform lainnya.

2. KineMaster

Selanjutnya ada KineMaster sebagai aplikasi edit video yang paling populer dan digunakan banyak orang dalam mengedit video. KineMaster sendiri digunakan karena dilengkapi banyak fitur dan mudah digunakan dengan ukuran hanya 95MB saja. Selain bisa diakses gratis, aplikasi edit video ini juga bisa diakses secara berbayar dengan menawarkan hasil edit tanpa watermark maupun iklan. Untuk fitur di dalamnya, terdapat multiple layers video, gambar, hingga text.

Ditambah dengan proses cutting dan trimming, lalu bisa ditambahkan multitrack audio dan LUT Filter. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan efek transisi 3D yang membuat hasil edit video menjadi tampak profesional. Untuk format dari hasil edit meliputi MP4, MOV, 3GP.

Adapun beberapa fitur unggulan aplikasi edit video ini meliputi edit video tanpa watermark, multiple layer video, image, sticker, special effect, dan teks, blending mode dalam menghasilkan efek menarik, voiceover, music background, dan efek sound, tool editing, dan masih banyak lagi.

3.  Inshot

Inshot juga nggak kalah populer di antara aplikasi edit video lainnya. Bahkan aplikasi ini sangat terkenal, khususnya bagi para pemula yang baru belajar mengedit video. Pasalnya, Inshot menawarkan proses pengeditan video yang sederhana dan mudah digunakan.

Tampilan aplikasi yang rapi dan bersih juga menjadi daya tarik sendiri bagi para penggunanya. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang membantu kamu dalam pengeditan video, termasuk pemotongan, penyesuaian rasio, penambahan video atau foto, penambahan teks dengan berbagai jenis font dan warna, penambahan stiker dan musik, dan edit latar belakang. 

Baca Juga : Strategi Politik dalam Pilkada: Tiga Bacalon Wali Kota Blitar Berani Bersandar di PDIP dan PKB

Selain itu, Inshot juga menyediakan beragam efek dan filter yang dapat meningkatkan kualitas visual videomu. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua efek dan filter dapat digunakan secara gratis. Beberapa di antaranya memerlukan pembayaran tambahan.

4. VivaVideo

Rekomendasi aplikasi edit video selanjutnya yang banyak digunakan di Android adalah VivaVideo. Selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dengan fitur unggulan yang ditawarkan. Adapun beberapa fitur aplikasi edit video ini seperti mengedit video dengan memotong maupun menambahkan efek untuk lebih menarik.

Ditambah dengan teks untuk membuat video tutorial sehingga mudah dipahami. Beberapa fitur unggulan aplikasi edit video ini seperti membuat video menggunakan lagu, dukungan transisi menggunakan efek menarik, memotong, menambahkan, atau menggabungkan beberapa video, membuat efek blur maupun bokeh, fitur teks dan title untuk dikustomisasi, hingga edit video berformat HD 720p, 1080p, sampai 4K.

5. FilmoraGo

FilmoraGo adalah aplikasi edit video terbaik Android yang digemari banyak pengguna. Aplikasi ini mudah digunakan. Video yang telah selesai diedit dapat langsung diunggah ke jejaring sosial apa pun, atau bisa kamu simpan di galeri ponselmu. Fitur-fiturnya meliputi pemangkasan, pemotongan, penambahan tema, dan sebagainya. 

Opsi yang tersedia juga beragam, mulai dari rasio 1:1, rasio 16:9, video terbalik, penambahan transisi, slow motion, hingga penambahan teks. Selain banyak fitur-fitur di dalamnya yang gratis, FilmoraGo juga menyediakan beberapa tambahan fitur yang bisa kamu beli.


Topik

Tekno aplikasi edit video gratis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Kristian Armando Purnama Sama

Editor

Nurlayla Ratri