Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Seriusi Teknologi Gelembung Nano, IMI Gandeng FILKOM UB untuk Manfaatkan AI

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

13 - May - 2024, 18:38

Placeholder
Kegiatan penelitian kerja sama IMI dan Filkom UB. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Institut Molekul Indonesia (IMI) berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya untuk memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Dalam hal ini, skema itu dilakukan pada penelitian evidence-based, tentang teknologi gelembung nano.

Ketua Tim Peneliti bagian AI, Dr. Novanto Yudistira mengatakan kerja sama antara IMI dan FILKOM UB itu merupakan penelitian pertama di Indonesia. Terlebih dalam pemanfaatan AI dalam teknologi gelembung nano, serta merupakan potensi kebaruan dalam sebuah penelitian AI. 

Baca Juga : 12 Tokoh Berebut Tiket di PDI Perjuangan, Ada Politisi Senior hingga Artis Ibukota

Sebagai informasi, IMI merupakan institusi riset yang fokus dalam memanfaatkan potensi molekul kecil yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dalam proyek penelitian tersebut, Filkom UB melibatkan beberapa dosen. Di antaranya Novanto Yudistira dan Lailil Muflikhah, serta beberapa mahasiswa Filkom dari Laboratorium Sistem Cerdas.

Novanto Yudistira menjelaskan, kerja sama antara IMI dan Filkom UB tersebut adalah pemanfaatan AI dalam penelitian evidence-based. Yang berkaitan dengan efek teknologi gelembung nano untuk peningkatan kualitas hidup. 

"Data klinis peningkatan kualitas hidup untuk pengembangan AI diperoleh dari anggota klub Reverse Aging dan Homeostasis (RAHO) yang telah menggunakan teknologi gelembung nano. Artificial Intelligence (AI) saat ini, telah banyak dimanfaatkan dan sedang berkembang pesat di dunia, termasuk Indonesia," ujarnya. 

Ia menyebut, kemampuan AI dalam menganalisis data berskala besar secara cepat, mampu mengenali pola tertentu dan dapat mengambil keputusan otomatis. Hal itu telah mendorong adanya perubahan signifikan dalam berbagai bidang kehidupan.

“AI bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi melalui analisis data yang cepat dan akurat, serta adanya pengembangan solusi inovatif,” imbuh Novanto Yudistira, Senin (13/5/2024).

Pada penelitian tersebut, IMI akan menyediakan peralatan komputasi berbasis GPU. Yang dapat digunakan untuk melakukan komputasi model AI, menggunakan data berskala besar. 

Selain itu juga memanfaatkan data berskala besar, dapat dilakukan pemodelan AI, yang mampu memberikan kesimpulan penelitian, melakukan prediksi, maupun memberikan saran terhadap penelitian.

Baca Juga : Heri Cahyono Gandeng Rizky Boncel Daftar Jalur Independen

Penelitian AI tersebut akan terpusat di Lab. Sistem Cerdas, Filkom UB itu merupakan salah satu bagian dari kerja sama antara IMI dengan Filkom. Kerja sama itu berlangsung dua tahun, dimulai tahun 2023 hingga 2025 mendatang. 

“Jadi tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi AI, yang mampu melakukan predictive analysis dan mengambil kesimpulan, mengenai efek teknologi gelembung nano terhadap kesehatan,” tuturnya. 

Hasil penelitian tersebut diharapkan, dapat melakukan publikasi dan prototipe pemodelan AI untuk memprediksi. Sehingga dapat memberi kesimpulan mengenai efek teknologi gelembung nano terhadap kesehatan.

“Karenanya, direncanakan akan ada dua publikasi dari hasil penelitian. Yakni mengenai data citra histopatologi dan data klinis,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan Institut Molekul Indonesia IMI Filkom UB Universitas Brawijaya AI



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri