Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Korsleting Listrik Diduga Jadi Pemicu Kebakaran Rumah di Kepanjen, Kerugian Capai Puluhan Juta

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

13 - May - 2024, 17:40

Placeholder
Petugas Damkar Kabupaten Malang saat berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di sebuah rumah warga yang beralamat di Kecamatan Kepanjen pada Senin (13/5/2024). (Foto: Damkar Kabupaten Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Peristiwa kebakaran terjadi di sebuah rumah warga yang beralamat di Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (13/5/2024). Dugaan sementara, kebakaran disebabkan karena korsleting listrik.

Sementara itu, kerugian material akibat insiden kebakaran di rumah warga tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta. Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang mengkonfirmasi, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden kebakaran tersebut.

Baca Juga : Tak Hanya SMK Lingga Kencana, Ini 3 Kecelakaan Bus Study Tour yang Tewaskan Banyak Siswa

"Kebakaran terjadi tadi (Senin, 13/5/2024) pagi sekitar pukul 09.15 WIB," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang Sigit Yuniarto, saat dikonfirmasi usai kebakaran berhasil dipadamkan pada Senin (13/5/2024).

Sesaat setelah kejadian, perangkat desa setempat melaporkan peristiwa kebakaran tersebut ke pihak terkait. Petugas gabungan dari Damkar Kabupaten Malang, Polsek dan Koramil Kepanjen, sejumlah relawan serta perangkat desa dan warga setempat mendatangi lokasi kejadian guna menanggulangi kebakaran.

Selain itu, lima unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit ambulans juga turut dikerahkan ke lokasi kejadian. Tiga unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi kejadian tersebut, milik Damkar Kabupaten Malang. Sedangkan dua unit lainnya merupakan mobil pemadam kebakaran dari Pabrik Rokok Gudang Baru.

"Kebakaran bisa dipadamkan sekitar satu jam setelah petugas melakukan tindakan penanggulangan di lokasi kejadian," ujar Sigit.

Data Damkar Kabupaten Malang mengungkapkan, pemilik rumah berukuran 5 x 10 meter persegi yang mengalami kebakaran tersebut bernama Khambali Hidayat. Pria 46 tahun tersebut merupakan warga Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Pria di Blitar Bunuh Diri, Tidur di Rel Kereta Api

"Indikasi sumber api diduga disebabkan karena korsleting listrik. Namun, terkait penyebab pasti dari kebakaran sedang dalam penanganan pihak kepolisian," ujar Sigit.

Meski nyaris seluruh bangunan rumah ludes terbakar, namun tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Sementara terkait kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta.

"Kerugian material kurang lebih Rp 50 juta. Namun masih perkiraan, kepastiannya nantinya menunggu hasil penyelidikan polisi," pungkas Sigit.


Topik

Peristiwa Malang kebakaran Kepanjen



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri