Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Sembari Genjot Pelatihan, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Segera Susun Database Angka Pengangguran

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - May - 2024, 16:45

Placeholder
Peserta pelatihan dari Disnaker-PMPTSP Kota Malang saat membuat hantaran (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang akan menyusun database angka pengangguran. Hal itu untuk melihat data terbaru angka pengangguran yang ada di Kota Malang.

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastyawan mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menyusun konsep untuk mendata angka pengangguran. Bahkan data itu nantinya akan dicatat by name by address.

Baca Juga : Tren Positif Penurunan Stunting, Dinkes Kota Malang Kuatkan Kolaborasi Lintas Sektor

“Tahun ini kita baru merintis data pengangguran di Kota Malang by name by address. Kita harus punya data itu, meski tidak 100 persen tapi mendekati kebenaran. Tapi data itu wajib dimiliki Disnaker agar nanti kita tepat sasaran,” kata Arif kepada JatimTIMES, Senin (13/5/2024).

Menurut Arif, nantinya data tersebut sifatnya harus terus diperbarui. Karena data pengangguran itu akan berjalan fluktuatif.

“Dan nantinya itu sifatnya terus harus diperbarui, karena belum tentu hari ini bekerja besoknya kena PHK, atau sebaliknya. Termasuk data lulusnya anak sekolah atau perguruan tinggi itu juga termasuk data dan update setiap hari. Saat ini kami masih susun, konsepnya seperti apa,” ungkap Arif.

Dijelaskan Arif, data tentang pengangguran adalah yang menjadi catatan Pj Wali Kota Malang ketika rapat. Dan hal itu selalu ditanyakan terkait perkembangannya.

“Tapi saat ini kami telah bekerjasama dengan Bappeda dan Dispendukcapil sehingga saat ini sudah ada data pengangguran,” ujar Arif.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi dan Daya Saing, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Gelar Pelatihan Hantaran

Dengan adanya data itu, Arif mengaku nantinya pihaknya akan lebih mudah dalam hal pemetaan. Sehingga pengentasan angka pengangguran juga lebih optimal.

“Kedepan, pelatihan seperti ini harus kita genjot, supaya warga yang belum bekerja agar segera bekerja dan akan kami pantau terus sejauh mana angka pengangguran di Kota Malang,” tukas Arif.


Topik

Pemerintahan Disnaker-PMPTSP kota malang pengangguran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni