Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Bayar Tilang Pakai M-banking, Polisi Ini Malah Minta Bukti Cetak

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - May - 2024, 16:27

Placeholder
Polisi yang ngotot minta bukti cetak pembayaran tilang yang telah dibayar dengan M-banking. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang polisi ngotot meminta bukti cetak kepada seorang pria yang mengaku sudah membayar tilang menggunakan M-banking. 

Dalam video yang diunggah akun X @SammiSoh, terlihat seorang Pemerhati Hukum Emperan tengah berdebat dengan seorang pria. 

Baca Juga : Sidang Sengketa Tanah Eks Lokalisasi Puger, Saksi Perkuat Status Tanah Milik Warga bukan Milik Pemkab

Dalam narasinya, polisi tersebut meminta bukti cetak pembayaran tilang terhadap perekam video. Sementara perekam video mengaku telah membayar tilang tersebut menggunakan M-banking sehingga tidak ada bukti cetak. 

"Puyeng kepala lihat anak muda yg tahu aturan dan taat aturan ini. Saat sdh bayar tilang dgn E-banking & polisi masih ngotot minta print, sbnrnya polisi ini sdg memberi sinyal dapurnya di rumah udah gak ngebul, anak blm bayar uang sekolah, dan tangki motornya kosong. Tdk sensitif," Tulis keterangan video, dikutip Senin (13/5/2024). 

Tidak diketahui jelas waktu dan tempat kejadian rekaman video tersebut. Namun meskipun demikian, tidak sedikit dari netizen yang mencibir polisi tersebut dan mereka juga turut menyentil Kapolri RI. 

"Di Indonesia sudah puluhan kali ganti kapolri, namun selalu gagal untuk memajukan kepolisian, contoh nya ya ini, para anggotanya yg di jalan, mencari uang haram dengan alih2 razia/tilang, belum lg urus SIM dll nya. Tidak semua memang, namun dr 10 ya 8 oknum ini." Ujar @Mfa***.

"Apa yang kalian harapkan dari anak lulusan SMA yang di training 6 bulan lalu suruh jadi penegak hukum," Komen @eko****.

"Polri goes digital ya gini ini @DivHumas_Polri," Kata @kura***.

Lantas bagaimana aturan yang benar mengenai pembayaran tilang meggunakan M-banking? 

Dilansir dari E-Tilang Info, sebetulnya tidak ada kewajiban pelanggar mesti mencetak bukti pembayaran ETLE atau denda tilang yang dibayar pakai M-Banking. 

Dalam penjelasan tata cara pembayaran tilang online nomor dua yaitu menggunakan Mobile Banking BRI, pelanggar hanya diminta untuk menyimpan bukti notifikasi kepada petugas yang melakukan penindakan. 

Cara Membayar Tilang Menggunakan M-banking

1. Login aplikasi BRI Mobile 

2. Pilih Menu Mobile Banking BRI > Pembayaran > BRIVA Masukkan 15 angka Nomor Pembayaran Tilang 

3. Masukkan nominal pembayaran sesuai jumlah denda yang harus dibayarkan. 

Baca Juga : Pria Diduga Masturbasi Saat Wanita Joging di Lawang Viral, Polisi Lakukan Penyelidikan

4. Transaksi akan ditolak jika pembayaran tidak sesuai dengan jumlah denda titipan 

5. Masukkan PIN 

6. Simpan notifikasi SMS sebagai bukti pembayaran

7. Tunjukkan notifikasi SMS ke penindak untuk ditukarkan dengan barang bukti yang disita.


Topik

Peristiwa Tilang toilang elektronik M banking



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni