Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Unik, Rupanya di Gresik Ada Pura yang Umat Hindunya Berasal dari Suku Madura

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

13 - May - 2024, 09:40

Placeholder
Pura di Gresik yang dibangun umat Hindu yang berasal dari Suku Madura. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Masyarakat suku Madura mayoritas beragama Islam terlebih yang masih berada di Pulau Madura. Namun rupanya, ada juga masyarakat Madura yang tidak beragama Islam. Fenomena seperti ini sangat jarang terjadi sehingga hal ini sangat menarik untuk diulas. 

Salah satunya seperti kelompok masyarakat di Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sebuah dusun di desa tersebut diketahui terdapat sebuah kelompok masyarakat keturunan Madura yang menganut agama Hindu.

Baca Juga : Tak Ada Syarat Khusus, PAC Ungkap Berikan Usulan ke Bacal Calon PDIP Tulungagung

Berdasarkan sejarah yang dipaparkan oleh akun Tiktok @arsipprosmadura, masyarakat tersebut mulanya adalah warga asli Madura tepatnya dari Kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan, yang melakukan migrasi ke Dusun Bongso Wetan pada kisaran tahun 1960-an.

Masyarakat tersebut menempati wilayah yang kala itu masih berupa hutan dan tinggal di sana. Kedatangan masyarakat Madura tersebut disebut sebagai cikal bakal terbentuknya masyarakat di Dusun Bongso Wetan.

Besarnya penganut agama Hindu di Dusun Bongso Wetan membuat dusun tersebut juga memiliki sebuah Pura. Pura tersebut diberi nama Pura 'Kerta Bumi' dengan desain yang menyerupai bentuk Pura yang umum di Pulau Bali.

Penjaga Pura bernama Romo Mangku sempat mengungkapkan bahwa arsitektur yang menyerupai suasana Bali tersebut memang dipengaruhi dari pembuatnya yang juga merupakan orang Bali.

Pada bagian dalam Pura juga disimpan berbagai alat musik tradisional yang biasa dimainkan di saat tertentu. Terdapat kelompok kesenian Singo Taruno Joyo yang sering menampilkan kesenian di Pura tersebut.

Pemaparan dari salah satu tokoh masyarakat setempat yang dimuat di video, komunitas masyarakat Madura di Bongso Wetan pada mulanya beragama Islam.

Baca Juga : Sate Madura di Sidney Australia Diserbu Bule

Masyarakat Madura di Bongso Wetan banyak yang pindah menjadi penganut agama Hindu pada kisaran tahun 1968.

Sampai saat ini Dusun Bongso Wetan dihuni mayoritas masyarakat keturunan suku Madura. Total 50 persen atau sekitar 243 kepala keluarga di antaranya menganut agama Hindu.

Tak hanya di Dusun Bongso Wetan, menurut informasi dalam video terdapat juga komunitas masyarakat Hindu yang berada di Dusun Bongso Kulon.

Masyarakat Bongso Wetan masih melestarikan kebudayaan Madura meski tetap mengakulturasinya dengan Jawa. Meski demikian keberadaan masyarakat beragama Hindu Madura di dusun tersebut menambah citra multikultural dari Suku Madura.


Topik

Serba Serbi madura hindu madura kabupaten gresik kerta bumi bongso wetan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya