Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik PILKADA KOTA BLITAR 2024

PDIP Tutup Pintu Pengembalian Berkas Bakal Calon Wali Kota Blitar Santoso

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

12 - May - 2024, 19:55

Placeholder
Wali Kota Blitar, Santoso.(Foto : Ist)

JATIMTIMES – Wali Kota Blitar Santoso menimbulkan kebingungan di kalangan politisi setelah tidak mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota (Bacawali) ke Kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Blitar. Masa depan politiknya pun menjadi tanda tanya setelah absen pada batas waktu pengembalian yang telah ditetapkan.

Dalam pernyataannya, Wakil Bendahara DPC PDI-P Kota Blitar, Lisi Sri Sumiarsih, menjelaskan bahwa Santoso tidak mengembalikan formulir pendaftaran bacawali hingga batas waktu penutupan yang telah ditetapkan. Meskipun telah menunggu hingga pukul 15.00 WIB, Santoso tidak juga muncul.

Baca Juga : Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Dorong Pemerintah Berikan Kebijakan yang Tepat Atasi Pertanian

“Pak San (Santoso) adalah satu-satunya yang belum mengembalikan formulir. Kami menunggunya hingga pukul 15.00 WIB, tetapi dia tidak muncul,” ujar Lisi kepada awak media, Minggu sore (12/5/2024).

Lisi menyatakan bahwa dirinya ditugaskan untuk berjaga di Kantor DPC PDI-P Kota Blitar sebagai bentuk tanggung jawab atas penugasan memberikan batas waktu pengembalian formulir bacawali.  “Setelah Pak Yudi (Yudi Meira) mengembalikan formulir, panitia penjaringan, bersama dengan ketua panitia Pak Sukardji, berangkat ke Bali sekitar pukul 13.00 WIB untuk menghadiri acara KONI,” tambahnya.

Ditanya apakah Santoso dipastikan tidak akan mendapatkan rekomendasi PDI-P untuk Pilkada Kota Blitar 2024, Lisi tidak dapat memberikan jawaban yang pasti. Namun, ia menegaskan bahwa masa pengembalian formulir bacawali di DPC PDI-P Kota Blitar telah resmi ditutup, sehingga peluang bagi Santoso untuk mengembalikan formulir tersebut melalui DPC PDI-P telah tertutup. “Jika begitu, terserah pada keputusan DPD. Namun, melalui DPC tidak lagi memungkinkan karena sudah ditutup,” jelasnya.

Lisi juga mengungkapkan bahwa dari sembilan orang yang telah mengambil formulir bacawali atau bacawawali di Kantor DPC PDI-P Kota Blitar, hanya Santoso yang tidak mengembalikan formulir. “Nanti hari Senin, dijadwalkan ada rapat di DPC. Kemungkinan besar, hal ini akan menjadi pembahasan,” tambahnya.

Sebelumnya, Santoso adalah orang pertama yang mengambil formulir penjaringan bacawali di DPC PDI-P Kota Blitar pada hari pertama penjaringan dibuka, Selasa (1 Mei 2024) lalu.

Masa depan politik Santoso menjadi sorotan karena ketidakhadirannya dalam pengembalian formulir pendaftaran bacawali. Apakah ini menandakan akhir dari perjalanan politiknya ataukah masih ada kemungkinan melalui jalur lain, hanya waktu yang dapat memberikan jawaban.

Baca Juga : Pasangan Bakal Calon Galuh-Mashudi Kembalikan Berkas ke PKB Kota Blitar Kompak Sarungan

Sebelumnya, Wali Kota Blitar, Santoso telah menegaskan komitmennya untuk kembali maju dalam Pilkada Kota Blitar 2024. Pada Rabu (1/5/2024), ia mengambil formulir pendaftaran sebagai Calon Wali Kota Blitar di Kantor DPC PDIP.

"Saya sudah sepakat sebagai Kader PDIP, kalau direkom ya sekuat tenaga dijalankan. Kalau tidak ya istirahat, saya tidak akan mengikuti pinangan dari partai lain," ungkap Santoso dengan mantap.

Dalam pernyataannya, Santoso menegaskan bahwa kesetiaannya hanya pada PDIP. Jika tidak mendapatkan rekomendasi dari partai tersebut, ia tidak akan mencalonkan diri dari partai manapun. "Ini sebagai bentuk keseriusan saya untuk melaksanakan tugas-tugas partai," tambahnya dengan tegas.


Topik

Politik pdip kota blitar santoso pilkada kota blitar 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya