Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Dorong Pemerintah Berikan Kebijakan yang Tepat Atasi Pertanian

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

12 - May - 2024, 19:45

Placeholder
Michael Edy Hariyanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi (foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, menyatakan optimismenya melalui kebijakan pemerintah yang tepat persoalan sektor pertanian di Banyuwangi dapat diatasi.

Menurut Michael, fokus selama ini para petani hanya tertuju pada persoalan pupuk subsidi dan harga beras, sementara banyak aspek lain yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga : Pasangan Bakal Calon Galuh-Mashudi Kembalikan Berkas ke PKB Kota Blitar Kompak Sarungan

“Padahal untuk meningkatkan kesejahteraan petani bukan hanya lewat pupuk. Banyak sekali yang harus diketahui oleh petani,” ujar  Michael, melalui sambungan WhatsApp (WA) pada Minggu (12/5/2024).

Dia menuturkan bahwa kunci utama terletak pada kebijakan pemerintah yang tepat dan mampu mendorong petani untuk meningkatkan produksi. "Kalau hanya masalah pupuk itu kecil. Bisa itu hanya kebijakan," tambahnya.

Salah satu solusi yang diusulkan politisi Partai Demokrat Banyuwangi Michael adalah dengan mendorong petani untuk beralih dari pupuk urea subsidi ke pupuk organik atau non-subsidi.

Program pengalihan penggunaan pupuk organik atau non-subsidi., menurutnya, akan membantu meningkatkan kualitas hasil panen dan mengurangi ketergantungan pada subsidi. “Petani hanya mau menggunakan pupuk urea, mau praktisnya saja. Padahal itu salah,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi ini.

Lebih lanjut Michael memberikan contoh negara-negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand yang memiliki produksi padi tinggi bahkan bisa mengirim ke Indonesia termasuk Banyuwangi dengan harga yang murah.

Baca Juga : Ratusan Pemancing Ramaikan Banyuwangi Fishing Festival 2024

"Harusnya petani di Vietnam dan Thailand protes semua karena harganya murah. Tapi kenapa kok tidak, malahan petaninya merasa kaya dan tersenyum semua. Hal ini karena produksi mereka tinggi," jelasnya.

Dia mengungkapkan sampai kapanpun tidak akan ada perubahan kalau petani hanya menuntut persoalan pupuk dan harga. Padahal ada yang lain, yang bisa dituntut ke pemerintah yaitu tentang produksi. "Kalau produksinya tinggi, pupuk tidak ada kata mahal," pungkas  Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini.


Topik

Pemerintahan dprd banyuwangi michael edy haryanto pertanian banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya