Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Hasil Tracer Study Fakultas Humaniora UIN Malang: 53,4 Persen Alumni Terserap Dunia Kerja

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

12 - May - 2024, 15:40

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Hasil Tracer Study Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) tahun 2023 cukup menggembirakan. 

Dari total seluruh alumni, terdata lebih dari separo telah terserap dalam dunia kerja ataupun telah menjalani berbagai macam profesi. Kegiatan itu dilakukan oleh Tim Laboratorium Pembinaan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Fakultas Humaniora. 

Baca Juga : Dilema "Fake Productivity" di Kalangan Dosen

"Dari total alumni, 53,4 persen berhasil terserap oleh pasar kerja dan saat ini tengah menjalani berbagai profesi," kata perwakilan LPMA Fakultas Humaniora, Mahrus Ali MSn.

Lebih lanjut dijelaskan Mahrus, bahwa capaian para alumni ini kian membanggakan. Sebab, banyak diantara mereka yang dalam waktu singkat terserap dalam dunia kerja.

Tepatnya ada 57 persen lulusan Fakultas Humaniora berhasil bersaing dan berkarir  pada dunia kerja dalam waktu kurang dari 3 bulan setelah lulus. 

Lebih dari itu, Mahrus mengatakan bahwa keterserapan para alumni Fakultas Humaniora ini ada diberbagai sektor. Mulai dari praktisi bahasa, jurnalistik hingga industri kreatif. Artinya  hal ini menunjukkan bahwa lulusan memiliki fleksibilitas atau daya saing yang tinggi dalam berbagai sektor. 

Selain itu, para lulusan juga mampu adaptif terhadap segala situasi maupun dalam berbagai profesi yang dijalani. Kualitas pembelajaran yang diberikan di Fakultas Humaniora tentunya sangatlah berkualitas dan selalu update dengan kondisi atau perkembangan zaman. 

UIN Maliki Malang, khususnya Fakultas Humaniora sangatlah berkomitmen untuk menghasilkan lulusan unggul berdaya saing tinggi. Lulusan UIN Maliki Malang, bukan hanay memiliki keilmuan umum, melainkan mereka juga dibekali karakter dan ilmu agama yang mampu menjadikan mereka lulusan yang berkualitas.

UIN Maliki Malang memiliki tiga distingsi atau ciri khas yang selalu melekat dengan kampus berlogo Ulul Albab ini. Tiga distingsi ini Ma'had yang dikenal dengan makhad al Jamiah, UIN Maliki Malang juga memiliki lembaga pusat bahasa yang berfungsi untuk mengembangkan bahasa asing yaitu bahasa arab, inggris dan juga bahasa mandarin.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dewan Minta Proses PPDB 2024 Berjalan Sesuai Aturan

Dan distingsi yang ketiga, UIN Maliki Malang memiliki lembaga Haiah Tahfidzul Qur'an (HTQ) yang menghasilkan para hafidz atau penghafal Al-Qur'an. Sehingga, dalam kehidupan di masyarakat, para lulusan dapat mengintegrasikan antara sains dan Islam setiap aktivitasnya. 

Mendorong dalam upaya peningkatan wawasan, berbagai macam pelatihan juga kerap dilakukan Fakultas Humaniora. Seperti halnya kegiatan workshop yang baru-baru ini digelar dan membahas prospek karir lulusan Humaniora.

Disisi lain, adanya tracer study sendiri, tentunya tidak hanya mencatatkan prestasi, tetapi juga memberikan inspirasi bagi mahasiswa dan calon mahasiswa untuk meraih kesuksesan dengan cepat di dunia kerja.

"Diharapkan hal ini dapat memberikan gambaran yang jelas bagi mahasiswa Fakultas Humaniora dalam meniti karir di masa depan," pungkasnya.


Topik

Pendidikan UIN Malang fakultas humaniora peluang kerja



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri