Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Jangan Asal Perawatan Laser CO2, Kenali Tipe Kulit Fitzpatrick

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

12 - May - 2024, 14:36

Placeholder
Tindakan laser CO2. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Metode perawatan wajah laser fractional CO2 lagi happening. Namun sebelum ikut-ikutan memilih perawatan ini kenali dulu tipe kulit kalian serta efek samping yang akan ditimbulkan.

Dokter estetika dr. Kamila Jaidi menyoroti banyaknya kaum hawa yang memilih perawatan laser CO2, tanpa memperhatikan tipe kulitnya. Padahal untuk melakukan perawatan laser CO2 harus diketahui dari tipe atau skala kulit fitzpatrick.

Baca Juga : Waspadai Jika Mood Naik Turun, Simak Penjelasan Dokter RSI Unisma tentang Bipolar

Tipe kulit fitzpatrick adalah klasifikasi untuk memahami warna kulit. Tipe kulit fitzpatrick dikategorikan berdasarkan warna dan reaksinya terhadap matahari. Hal ini penting untuk mengetahui pilihan perawatan serta dokter mengatur parameter dalam melakukan tindakan terapi.

“Tipe kulit fitzpatrick terbagi I sampai VI, nah yang cocok untuk tindakan perawatan laser CO2 itu yang tipe I dan II,” ungkap dokter Kamila melalui sosial medianya.

Sedangkan bagi pemilik tipe kulit fitzpatrick III sampai VI disarankan menggunakan perawatan Platelet-rich Plasma (PRP). Yakni prosedur kecantikan yang dilakukan dengan menyuntikkan plasma darah diri sendiri yang sudah mengandung trombosit tinggi.

Mengapa demikian, sebab bagi mereka yang punya tipe kulit gelap atau III sampai VI bisa menimbulkan efek samping setelah menjalani perawatan laser CO2. “Pada kondisi wajah tipe kulit yang warnanya agak gelap tipe III, IV, V dan VI efek samping laser CO2 sangat mungkin terjadi,” ungkap dokter Kamila.

Efek samping yang terjadi pada kulit tipe tersebut bisa menyebabkan hiperpegmentasi atau bercak kehitaman pasca tindakan. Lantaran laser CO2 membakar sampai lapisan ke bawah kulit wajah.

Baca Juga : Ramai, Perempuan di X Ngeluh Kena Tumor Payudara Gegara Konsumsi Pil KB, Benarkah?

“Di mana lapisan paling bawah letaknya sel melamin (pigmen yang memberi warna alami bagi kulit), kalau tipe wajah III sampai VI cenderung banyak sehingga berisiko untuk terkena laser,” imbuh dokter Kamila.

Alhasil terjadi hiperpegmentasi lantaran sel melamin pecah akibat laser CO2. “Nah kalau tipe kulit tipe I dan II itu emang favorit, karena bagus dan tidak berisiko efek samping untuk hiperpegmentasi,” tutup dokter Kamila.


Topik

Kesehatan laser CO2 kulit sensitif menghapus flek hitam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri