Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Cuaca di Tanah Suci Panas, Pj Wali Kota Malang Pesan CJH untuk Siapkan Fisik

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

12 - May - 2024, 12:59

Placeholder
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berpesan kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) asal Kota Malang untuk dapat mematangkan persiapannya sebelum berangkat ke Tanah Suci. Salah satunya adalah mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan. 

Bukan tanpa alasan, menurut Wahyu kesiapan fisik perlu dilakukan lantaran cuaca di Tanah Suci diperkirakan akan sangat panas. Bahkan suhunya diperkirakan mencapai 52 derajat celcius. 

Baca Juga : Pesona Eksotis Pantai Wotgalih: Surga Tersembunyi di Jalur Lintas Selatan Lumajang

“Saya sampaikan adalah persiapan fisik bagi CJH karena nanti di Tanah Suci kondisi cuacanya kan panas. Maka mereka harus ada persiapan terkait dengan itu dan tentu karena ini ibadah fisik, harus bisa menjaga stamina dalam menjalankan semua rangkaian haji dengan baik,” ujar Wahyu. 

Sebagai informasi, total ada sebanyak 1.116 CJH asal Kota Malang yang akan beribadah haji pada tahun 2024 ini. Sebanyak 1.167 CJH tersebut akan dibagi menjadi tiga kloter keberangkatan. Yakni kloter 21,22,23 dan kloter 24. Dan setiap kloter diisi sebanyak 366 CJH. 

Untuk kloter 21 hingga 23, akan diisi sepenuhnya oleh CJH asal Kota Malang. Sedangkan kloter 24, CJH Kota Malang hanya sebanyak 76. Dan sisanya merupakan gabungan dari warga Kabupaten Malang. 

Selain berpesan terkait kondisi fisik, Wahyu juga berpesan agar para jamaah nantinya dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya saat di tanah suci. Apalagi dalam menjalankan ibadah, juga dibutuhkan kekhusyukan.

“Manfaatkan waktu di sana dengan sebaik-baiknya. Karena untuk pergi haji ini menunggu belasan tahun, maka jalankan ibadah dengan sungguh-sungguh. Kemudian juga jaga nama baik daerah, bangsa dan negara,” terang Wahyu. 

Baca Juga : Kisah Sunan Giri: Dakwah Melalui Pendidikan, Permainan Anak, dan Karya Seni yang Abadi

Rencananya, pemberangkatan CJH asal Kota Malang ini akan dimulai pada pekan depan. Tepatnya pada Kamis (16/05/2024) dari Lapangan Rampal, Kota Malang untuk menuju Asrama Haji di Surabaya.

“Kurang lebih ada 1000-an jamaah yang akan berangkat di tahun ini. Nanti saya akan berangkatkan dari Rampal pada pekan depan,” ucapnya. 

Sebagai informasi, untuk di tahun 2024 ini Petugas Haji Daerah (PHD) di Kota Malang ada beberapa orang, salah satunya yakni Camat Kedungkandang, Kota Malang, Fahmi Fauzan.


Topik

Pemerintahan Kota Malang Wahyu Hidayat CJH



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri