Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Beber Penyebab Ambrolnya Jembatan Landungsari Dau

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - May - 2024, 19:43

Placeholder
Tampak jembatan di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang yang segera diperbaiki oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Sabtu (11/5/2024). (Foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang membeberkan penyebab ambrolnya jembatan di Jalan Tirto Taruno, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. 

Kepala DPUBM Kabupaten Malang Khairul Isnadi Kusuma menyampaikan, bahwa jembatan yang menghubungkan Dusun Klandungan dan Dusun Bendungan, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, tersebut telah ambrol sekitar Bulan November 2023 lalu. 

Baca Juga : Dinas PU Bina Marga Sayangkan Oknum yang Pasang Papan Duka Cita: Padahal Masyarakat Sambut dengan Suka Cita

Pria yang akrab disapa Oong itu menjelaskan, penyebab terjadinya jembatan ambrol dikarenakan konstruksi dan struktur jembatan yang sudah tua, serta ditambah beban lalu lintas yang cukup padat. 

"Jembatan mengalami kerusakan pada akhir tahun 2023 karena usia konstruksinya yang sudah tua, beban lalu lintas yang tinggi dan dipicu juga dengan bencana hidrologi yakni intensitas hujan yang tinggi," ungkap Oong dalam keterangannya kepada JatimTIMES.com, Sabtu (11/5/2024). 

Pihaknya menyebut, jembatan di Jalan Tirto Taruno ini merupakan jembatan yang strategis. Pasalnya, jembatan ini merupakan jalur padat penduduk perkotaan ke wilayah Kabupaten Malang atau sebaliknya, serta merupakan akses jalan ke instansi dan lembaga pendidikan. 

"Bapak Bupati melalui Dinas Bina Marga memberikan perhatian yang tinggi agar segera dilakukan langkah-langkah strategis agar akses jalan ini tidak terputus dan keselamatan pengguna jalan terjamin," jelas Oong. 

Menurutnya, dalam perbaikan jembatan tersebut juga harus melalui mekanisme yang telah ditentukan. Mulai dari mekanisme penganggaran hingga tahapan teknis yang harus dilalui. 

Akhirnya, untuk perbaikan jembatan yang berlokasi di Jalan Tirto Taruno tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui DPUBM telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 650 juta yang diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang Tahun Anggaran (TA) 2024. 

"Ada mekanisme panganggaran dan ada tahapan teknis yang harus dilalui. Terlebih masalah sosial yang harus dikomunikasikan dengan pihak yang akan terdampak oleh bakal pembangunan," kata Oong. 

Baca Juga : Ramai, Perempuan di X Ngeluh Kena Tumor Payudara Gegara Konsumsi Pil KB, Benarkah?

Oong mengatakan, bahwa tim dari DPUBM Kabupaten Malang telah melakukan upaya-upaya penanganan jembatan di Jalan Tirto Taruno usai rampunya tahapan lelang dan penandatanganan kontrak kerja dengan pihak ketiga pada Senin (6/5/2024) lalu. 

"Bidang teknis bergerak cepat, pada tanggal 8 Mei 2024 ditindak lanjuti dengan kegiatan uitzet yakni kegiatan koordinasi bersama di lapangan antara dinas, rekanan dan konsultan agar dicapai kesepahaman yang sama dalam proses pelaksanaan perbaikan jembatan," terang Oong. 

Kemudian pada hari Kamis (9/5/2024), tim DPUBM Kabupaten Malang dan pihak ketiga melakukan pertemuan dengan Camat Dau, Kepala Desa Landungsari, Kepala Dusun Klandungan, Kepala Dusun Bendungan, Bhabnkamtibmas Polsek Dau dan Babinsa Koramil Dau untuk meminta izin serta menggelar tasyakuran kecil-kecilan berdasarkan kearifan lokal yang ada sebagai penanda dimulainya perbaikan jembatan. 

"Koordinasi mantap dengan pemangku wilayah setempat dalam hal ini pak camat, pak kades, pak kasun, bhabinkamtibmas polsek dan babinsa koramil dilakukan sebagai bentuk kerja sama dan transparansi kegiatan agar lancar dalam pelaksanaannya," ujar Oong. 

Selanjutnya, pada Senin (13/5/2024) akan dimulai pengerjaan perbaikan jembatan dengan melakukan mobilisasi alat berat, pembersihan lokasi jembatan serta pembuatan jalur alternatif.
 


Topik

Pemerintahan Perbaikan Jembatan jembatan tirto taruno Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang DPUBM Kabupaten Malang Pemkab Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni