Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Ini Pembeda Karya Sastra Arab dan Bahasa Alquran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

11 - May - 2024, 19:02

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Alquran diturunkan dalam Bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan Surat Yusuf ayat 2, "Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya". Sama halnya dengan Sastra Arab yang juga menggunakan Bahasa Arab. 

Sastra Arab ini punya banyak genre dan dan juga para penulis terkemuka. Susunan atau tata bahasa sastra Arab menyajikan keindahan bahasa lewat puisi perumpamaan dan metafora yang apik dan menawan. Sehingga, Sastra Arab ini menjadi sarana ekspresi yang banyak dilakukan orang. 

Baca Juga : Workshop Creative Art Cafe Omah Semut di Bulukerto Jadi Insipirasi Pengembangan Industri Kreatif Kota Batu

Sementara, Bahasa Arab Alquran juga dikenal karena keindahannya yang luar biasa. Mulai dari struktur kalimat yang mempesona, dan penuh makna-makna mendalam. Dalam setiap ayat dan bahasa dalam Al-Qur'an mengandung pesan-pesan agama dan pedoman untuk kehidupan umat Muslim.

Meski sama-sama mengunakan Bahasa Arab, namun terdapat perbedaan antara Bahasa Arab yang digunakan dalam Al-Qur’an dan Bahasa Arab pada umumnya atau Bahasa Arab yang digunakan sehari-hari sebagai sarana interaksi. Bahasa Arab dalam Al-Qur’an dalam hal ini memiliki nilai sastra yang sangat tinggi. 

Akademisi yang juga merupakan dosen Pendidikan Bahasa Arab dari salah satu kampus di Kota Malang, Murdiono SS MPdI 
juga membenarkan hal tersebut. Ditegaskannya, meski terlihat serupa, namun Sastra Arab dan Bahasa Arab dalam Al-Qur'an berbeda. "Meskipun berbeda antara Sastra Arab dan bahasa Al-Qur'an, namun juga ada kesamaan., yakni sama-sama memiliki keindahan bahasa yang luar biasa dan mampu memukau pembaca atau pendengar," jelasnya.

Karya sastra arab ini menjadi sarana ekspresi dari pemikiran, perasaan menggambarkan keindahan alam dan emosi manusia dengan penggunaan kata-kata indah dan khas dalam sastra Arab klasik 

Sastra ini juga berbentuk metafora, majas, dan perumpamaan yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan emosional dalam syair yang indah dengan struktur kalimat yang rumit dan puitis. 

Sehingga, karya Sastra Arab ini memiliki kebebasan kreatif bagi penulis dengan berbagai bentuk, baik itu puisi, prosa ataupun dengan struktur variasi lain.

Sementara, bahasa dalam Al-Qur'an, menunjukkan kekreatifan dalam penyampaian pesan dengan penekanan pada kejelasan dan ketegasan sebagai wahyu langsung dari Allah SWT. Bentuknya pun telah mutlak atau tidak berubah dalam teksnya.

Al-Qur'an memiliki struktur ayat yang unik dan gaya bahasa yang sederhana namun penuh makna. Dalam setiap kata mengandung makna sebagai pedoman hidup, dimana di dalamnya ada hukum, etika, sejarah, serta ajaran spiritual dan moral. 

Baca Juga : Bolehkah Utang Uang untuk Berangkat Haji? Ini Kata Buya Yahya

"Al-Qur'an menggunakan kosakata umum dan istilah khusus yang unik, dengan gaya bahasa yang sederhana namun jelas, serta struktur kalimat yang langsung dan tegas, memudahkan pemahaman pesan-pesan ilahi," ujarnya 

Sastra Arab tentunya sangat dipengaruhi oleh Al-Qur'an. Inspirasi bahasa dalam Sastra Arab adalah dari Bahasa Arab Al-Qur'an. Begitu dengan tema Sastra Arab, banyak para penulis terinspirasi oleh bahasa maupun ayat-ayat dalam Al-Qur'an. "Baik sastra Arab maupun bahasa Alquran memiliki daya tarik dan kekuatan yang unik," paparnya.

Meski masing-masing memiliki keindahan tersendiri, menurutnya ada elemen keindahan terkait sastra unik pada Al-Qur'an yang tidak ditemukan dalam karya Sastra Arab. Teknik Retorika dijelaskannya digunakan dalam Al-Qur'an. Seperti repetisi, perumpamaan, penekanan, dan kontras untuk menyoroti pesan-pesan penting secara efektif, dengan struktur atau tatanan yang teratur dan harmonis. 

Al-Qur'an tetap konsisten dalam penyampaian pesan untuk membawa umat ke arah jalan yang lurus. Makna mendalam disampaikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia dan alam semesta. 

Al-Qur'an memiliki daya tarik spiritualitas yang kuat. Al-Qur'an mampu mempengaruhi hati dan jiwa mereka umat Muslim yang membacanya. Lebih dari itu, memberikan inspirasi, ketenangan, dan motivasi dalam berbagai hal dan kepada semua yang memahaminya.

"Relevansinya tidak hanya pada zamannya, tetapi juga dalam konteks zaman modern, menjadikannya sumber inspirasi dan pedoman bagi berbagai situasi kehidupan manusia," pungkasnya. 


Topik

Pendidikan bahasa alquran sastra arab murdiono



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya