Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Tahun ini, Pemkot Malang Salurkan Bantuan Beasiswa ke Ratusan Pelajar

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - May - 2024, 17:01

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat usai secara simbolis menyerahkan bantuan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pada tahun 2024 ini menyalurkan bantuan beasiswa kepada ratusan siswa. Total ada sebanyak 602 siswa. Terdiri dari siswa SMA/K/MA dan juga yang sedang berada di jenjang perkuliahan.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengatakan, bantuan beasiswa tersebut memang merupakan program dari Pemkot Malang. Untuk diberikan kepada masyarakat membutuhkan, tentu dengan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh penerima manfaat.

Baca Juga : Dapat Dongkrak Perekonomian, Bank Jatim Rehabilitasi Alun-Alun Kota Pasuruan

“Kriterianya juga kita lihat. Tentu beasiswa ini untuk warga Kota Malang, kemudian mempunyai kemampuan prestasi lebih tetapi karena adanya faktor ekonomi, keluarganya tidak bisa membiayai pendidikan, akhirnya mereka mengajukan kepada kami untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut,” ujar Wahyu, Sabtu (11/5/2024).

Sebelum disalurkan, lanjut Wahyu, tentu data yang telah terkumpul masih harus diverifikasi oleh organisasi perangkat daerah (OPD) pengampu. Hal itu untuk memastikan kelayakan calon penerima manfaat, termasuk untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

“Artinya, apakah betul sudah sesuai dengan kriteria, baru kita berikan beasiswa. Ini tadi kami juga bersama dengan Baznas Kota Malang untuk bisa memberikan bantuan selain beasiswa ini,” tutur Wahyu.

Wahyu menjelaskan, pada tahun ini total ada sebanyak 602 penerima manfaat. Rinciannya, 310 penerima manfaat di jenjang SMA/K dan MA. Lalu ada sebanyak 292 penerima manfaat di jenjang perkuliahan atau perguruan tinggi.

"Jadi ini diberikan setiap tahun sampai yang bersangkutan lulus," imbuh Wahyu.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Malang Achmad Mabrur mengatakan, jumlah penerima manfaat program tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2023 lalu yang hanya sebanyak 311 penerima manfaat.

Baca Juga : Ditjen PKH Kementan RI Beber 6 Tantangan Utama Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau

Mabrur mengatakan, tentu nilai beasiswa yang diberikan juga berbeda. Untuk penerima manfaat SMA sederajat yakni sebesar Rp 440 ribu per bulan. Sementara untuk jenjang mahasiswa yakni sebesar Rp 2 juta per bulan.

“Itu kita carikan per tiga bulan sekali, langsung kita bayar ke rekeningnya. Kalau yang penerima terakhir tadi kan masih SMA jadi per tahunnya kita beri bantuan Rp 5.280.000,” tuturnya.

Sebagai bentuk pengawasan dan pertanggungjawaban, penerima manfaat juga harus melaporkan peruntukan bantuan beasiswa yang diterima. Tujuannya untuk memastikan bahwa bantuan yang diterima telah digunakan dengan semestinya.

"Kalau untuk bayar SPP harus ada buktinya, untuk beli laptop harus ada buktinya, jadi memang harus dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan. Laporan itu juga per tiga bulan sekali. Kita monitor seperti itu,” pungkas Mabrur.


Topik

Pemerintahan Pemkot Malang bantuan beasiswa beasiswa pelajar kota malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni