Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Dinyatakan Istithaah, 207 Calon Jamaah Haji Kota Batu Berangkat 13 Mei 2024

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

11 - May - 2024, 15:35

Placeholder
207 calon jamaah haji Kota Batu dijadwalkan pemberangkatan pada 13 Mei 2024.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Setelah proses panjang dari antrean hingga pelunasan dan persiapan lain, calon jamaah haji (CJH) Kota Batu tahun ini segera diberangkatkan. Kantor Kemenag Kota Batu memastikan sebanyak 207 CJH dinyatakan sehat atau istithaah atau mampu. 

Mereka akan berangkat Senin, 13 Mei 2024 ke Asrama Haji Surabaya dan terbang ke tanah suci pada 14 Mei 2024.

Baca Juga : Gelar Patroli di Terminal, Polres Situbondo Dukung Kelancaran World Water Forum di Bali

Kepastian itu disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU), Basuki Rahmat saat dikonfirmasi, Sabtu (11/5/2024). Ia mengimbau agar jamaah haji tepat waktu untuk bisa dengan khidmat mengikuti rangkaian agenda keberangkatan bersama.

"Jamaah akan berangkat nanti tanggal 13 Mei 2024, pukul setengah 4 kumpul semua di Jalan Sultan Agung menuju asrama haji, bersama kloternya kemudian berangkat ke Tanah Suci," ungkapnya. 

Diketahui, sebanyak 207 jamaah haji Kota Batu yang masuk dalam kloter 14 dengan rincian 144 orang dari Kota Batu, dan 63 orang dari Kabupaten Malang. Terdapat 2 Pendamping Haji Daerah (PHD) dari Pemerintah Kota Batu dan Kanwil Kemenag serta 3 orang tenaga medis.

"Gabungan antara Kota Batu 207 jemaah, kemudian Kota Surabaya 95 jamaah, tambahan kota lain sisanya. Total 366, ditambah 5 petugas, satu kloter," rincinya.

Dalam rangkaian pemeriksaan kesehatan jelang berangkat, kata Basuki, CJH Kota Batu tak satupun yang mengalami kendala sakit. Seluruhnya juga dinyatakan Istithaah atau mampu secara fisik. 

"Bahkan tahun ini jamaahnya lebih sehat-sehat dibandingkan tahun kemarin," tambah Basuki.

Baca Juga : Deklarasi Bersama Demokrat dan Hanura, Siap Menangkan Karna-Khoirani di Pilkada 2024 Situbondo

Seluruh pelunasan biaya haji juga telah ditutup pada tahap dua pembayaran hingga 5 April 2024 lalu. Bersamaan ditutupnya pelunasan, kuota haji reguler secara nasional juga disebut telah terpenuhi. Sehingga beberapa CJH Cadangan yang tidak berangkat tahun ini akan berangkat tahun depan.

"Ada 22 cadangan, 5 di antaranya mau berangkat dengan pelunasan tapi ternyata kebijakan pusat sudah disampaikan kuota penuh. Sehingga berangkat tahun depan," tutur Basuki.

"Jika haji jamaah cadangan ini kan bisa berangkat bisa tidak. Nah, yabg di Kota Batu mereka cukup legowo dan bisa menunggu hingga tahun depan sudah masuk reguler," imbuhnya.

Untuk diketahui, Pemkot Batu sebelumnya telah menggelar pelepasan CJH yang akan berangkat tahun ini di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Jumat (10/5/2024). Tercatat, dari Kota Batu tahun ini memberangkatkan CJH dari usia termuda 22 tahun dan tertua di atas 88 tahun. Seluruhnya dipastikan kesiapannya dan sudah memenuhi persyaratan yang sesuai ketentuan.


Topik

Peristiwa Kota Batu pemberangkatan haji 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri